Berkas Perkara Kasasi Kurang Lengkap, Penyelesaian Perkara Terhambat

Belitung, bldk.mahkamahagung.go.id - Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) bidang Yudisial, Dr. H. Muhammad Syarifuddin, SH., MH menegaskan pengadilan yang mengajukan berkas perkara kasasi dan peninjauan kembali (PK) ke MA memperhatikan kelengkapan berkas perkara. Kekurangan berkas perkara mengakibatkan keterlambatan penyelesaian perkara di MA.

MA belum dapat meregister dan memberikan nomor berkas perkara. Perlu menyurati ke pengadilan pengaju untuk melengkapi kekurangan berkas perkara yang diajukan.

WKMA mencatat masih banyak pengadilan telah disurati oleh MA namun belum ditindaklanjuti oleh pengadilan pengaju. Seperti salah satu pengadilan tingkat pertama di wilayah Sumatera Selatan telah disurati sejak awal Agustus 2019 oleh MA namun belum ada jawabannya.

Penegasan ini perlu disampaikan mengingat permasalahan yang sama selalu muncul setiap pembinaan teknis dan administrasi yudisial. Masih banyak pengadilan yang mengajukan perkara kasasi maupun PK ke MA berkasnya belum lengkap. 

“Berkas kasasi yang masuk ke MA kalau tidak lengkap, itu belum dapat terdaftar dan diberikan penomoran. Masih dimintakan kepada pengadilan pengaju untuk dilengkapi masing-masing berkas”. ungkap WKMA saat memberikan pembinaan kepada seluruh ketua pengadilan tingkat banding seluruh Indonesia dan para ketua, panitera dan sekretaris pengadilan tingkat pertama wilayah hukum Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Bengkulu dan Lampung pada Pembinaan Teknis dan Administrasi Yudisial Mahkamah Agung RI Tahun 2019 di hotel BW Suite Belitung, Kamis (12/09/19).

Permasalahan ini harusnya tidak perlu terjadi karena bukan hal baru dan sudah ada sebelumnya.

“Sebelumnya sudah ada dan bukan hal baru. Selama masih terdapat kekurangan, belum dapat diajukan kepada Majelisnya untuk diputus. Permasalahan inilah yang menyumbang terlambatnya penyelesaian berkas perkara di Mahkamah Agung”, ujar WKMA.

WKMA menekankan dan menjadi perhatian seluruh pengadilan di wilayah hukumnya masing-masing. Agar berkas perkara Kasasi dan PK yang masih terdapat kekurangan segera ditindaklanjuti dan syarat-syarat mutlak pengajuan berkas terpenuhi sepenuhnya, sehingga tidak terjadi kekurangan berkas. (WR)

Kalender Kegiatan Diklat (Timetable) Tahun 2019

DOWNLOAD

Hubungi Kami

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan
Mahkamah Agung RI Kantor: Jl. Cikopo Selatan Desa Sukamaju, Kec. Megamendung
Bogor, Jawa Barat 16770 Telepon: (0251) 8249520, 8249522, 8249531, 8249539
Faks: (0251) 8249522, 8249539
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.