Slider
  

TUGAS, FUNGSI & WEWENANG

Berikut adalah tugas, fungsi dan wewenang Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Peradilan.

TUGAS

Tugas Litbang Kumdil adalah melaksanakan penelitian dan pengembangan hukum dan peradilan, kerja sama antar lembaga di dalam dan luar negeri.

FUNGSI

Menyusun program, melaksanakan dan mengevaluasi serta melaksanakan kerjasama dan publikasi di bidang penelitian dan pengembangan hukum dan peradilan.

WEWENANG

Harus menjunjung tinggi nilai-nilai akademis, obyektivitas dan integritas. Juga harus bermanfaat bagi pengembangan institusi peradilan pada khususnya dan hukum pada umumnya.

Litbang Kumdil

Penelitian dan pengembangan kumdil meliputi pengkajian, uji kelayakan rencana kebijakan dan pengembangan model/produk hukum dan peradilan.

Perencanaan Penelitian

Menyusun program penelitian dan pengembangan hukum dan peradilan dan menyelenggarakan penilaian kebutuhan penilitian dan pengembangan.

Pelaksanaan Penelitian

Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan berpedoman pada panduan melakukan penelitian sebagaimana diatur dalam petunjuk pelaksanaan.

Evaluasi

Melakukan pemantauan, evaluasi serta dokumentasi dan penyusunan laporan kegiatan hasil penelitian dan pengembangan.

Publikasi

Melakukan penyiapan bahan dan pelaksanaan publikasi dan diseminasi hasil penelitian dan pengembangan.

Kerjasama

Melakukan kerjasama terkait penelitian dan pengembangan antar lembaga baik dalam maupun luar negeri.

APLIKASI INTERNAL

Alpikasi internal yang dibangun Sekretariat Badan Litbang Diklat Mahkamah Agung RI.

Medan (18/7). Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI (Puslitbang Kumdil  MA RI) dan Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara mengadakan kegiatan Penandatanganan kerjasama (Memorandum Of Understanding) tentang kerjasama bidang pendidikan, Penelitian hukum dan Pengabdian Masyarakat.

Tujuan dari kerjasama ini untuk saling memberikan dukungan dan masukan bagi pengembangan Sumber Daya Manusia, pengembangan hukum dan peradilan pada masing-masing institusi melalui Tridharma yang diperlukan bagi Mahkamah Agung dan juga Fakultas Hukum USU.

Sebelum melakukan penandatanganan kerjasama Kepala Puslitbang Kumdil MA RI Dr Hasbi hasan., M.H memberikan sambutan. Dalam sambutannya mengatakan “kerjasama ini agar lebih dimaksimalkan kalau bisa bukan hanya yang sudah tertera didalam lembar kerjasama saja tetapi mungkin bisa ditingkatkan dalam Joint Research” ujar Hasbi

Prof. Dr. Budiman Ginting., SH.,M.Hum selaku Dekan Fakultas Hukum USU dalam sambutannya juga mengatakan menyambut baik kerjasama ini apalagi sebelumnya Fakultas Hukum sudah pernah mengadakan kerjasama dengan MA RI terkait mediasi tapi agak terhambat dan harapannya dengan adanya kerjasama dengan Puslitbang Kumdil MA RI kerjasama yang dulu terhambat agar bisa lebih berkembang lagi.

Dalam acara tersebut turut hadir Esther S., SH.,M.H Kabid Publikasi dan Kerjasama, Sudaryanto., SH.,M.H Kasubid Kerjasama dan Martin Panjaitan.,SE., M. Ak Kasubid Program untuk peneliti dari Puslitbang Kumdil MA RI adalah Dr. Mul Irawan, S.Ag., M. Ag dan Tumbur Palti D, SH., MH sedangkan dari Fakultas Hukum USU juga hadir Dr. Afrila, SH., M.Hum Sekretaris Departemen Hukum Tata Negara, Prof. Dr. Suharmi, SH., M.Hum Ketua Prodi S2 dan S3, Dr. M Ekaputra Sekretaris prodi S3, Syamsul Rizal SH., M.Hum Sekretaris Departemen Keperdataan dan Erna Helinda, SH., M.Hum Sekretaris Departemen HAN.

Kegiatan diakhiri dengan pertukaran cinderamata dan poto bersama.

APA KATA MEREKA

[spacer]

Clients Testimonials

Kalender Kegiatan Diklat (Timetable) Tahun 2019

DOWNLOAD

Hubungi Kami

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan
Mahkamah Agung RI Kantor: Jl. Cikopo Selatan Desa Sukamaju, Kec. Megamendung
Bogor, Jawa Barat 16770 Telepon: (0251) 8249520, 8249522, 8249531, 8249539
Faks: (0251) 8249522, 8249539
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.