Kepala Badan Membuka Pelatihan Sertifikasi Hakim Perikanan

bldk.mahkamahagung.go.id, Bogor. Kepala Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan MA RI Dr. Zarof Ricar, S.H., S.Sos., M.Hum. membuka Diklat Sertifikasi Hakim Perikanan bagi Hakim Karir dan Hakim Ad Hoc Tingkat Pertama Lingkungan Peradilan Umum TA 2018 di Kampus Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan, Senin (16/4).

Kepala Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan MA RI mengatakan bahwa  perairan yang berada di bawah kedaulatan dan yurisdiksi Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia serta laut lepas berdasarkan ketentuan hukum internasional, mengandung sumber daya ikan yang potensial. Semua hal tersebut merupakan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa yang diamanahkan pada Bangsa Indonesia yang memiliki Falsafah Hidup Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia. Oleh karena itu, pengelolaan Sumber Daya ikan haruslah berdasarkan asas manfaat, keadilan, kemitraan, pemerataan, keterbukaan, efesiensi, dan kelestarian yang berkelanjutan sehingga apa yang menjadi tujuan pengelolaan Sumber Daya ikan tercapai dengan sangat baik.

Namun demikian, dalam pengelolaan Sumber Daya ikan tersebut sangat banyak kendala yang dihadapi salah satunya yaitu maraknya pencurian ikan (Illegal Fishing). Oleh karena itu diperlukan cara yang  extra ordinary  untuk pemberantasannya dengan mengintroduksi  lembaga  Pengadilan, sebagaimana yang diatur dalam ketentuan Undang-Undang Nomor  31 Tahun  2004 tentang Perikanan sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2009.

Beliau berharap dengan diadakannya pelatihan ini, seluruh hakim yang mengikuti pelatihan ini nantinya dapat dengan tepat, benar dan adil menerapkan hukum di bidang perikanan sehingga memberikan efek jera terhadap pelaku Illegal Fishing dan mewujudkan kedaulatan laut melalui pengelolaan sumber daya ikan yang berpihak kepada kepentingan Rakyat Indonesia.

Dalam laporannya, Kepala Pusdiklat Teknis Peradilan MA RI Bapak Agus Subroto, S.H., M.Hum., M.Kn. menyatakan bahwa dari 49 peserta yang di panggil mengikuti pelatihan, hanya 37 peserta yang dapat hadir, sementara 9 peserta tanpa keterangan dan 3 peserta tidak bersedia hadir dengan berbagai alasan.

Pembukaan Pelatihan ini dihadiri oleh Pejabat Struktural dan Hakim Tinggi di Lingkungan Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI.

 

{besps}d_teknis/kegiatan/2018/diklat_perikanan{/besps}

© 2018 Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan. All Rights Reserved