Temu Wicara Kebanksentralan dan Sektor Jasa Keuangan antara MA, BI, dan OJK

Malang, bldk.mahkamahagung.go.id - Mahkamah Agung, Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan menggelar workshop bagi para hakim tingkat pertama dan tingkat banding yang dikemas dalam bentuk Temu Wicara tentang ke-Banksentralan dan Jasa Keuangan berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 18 Juli sampai dengan 20 Juli 2018. Temu Wicara yang dilaksanakan di Malang adalah merupakan kegiatan 3 tahunan sekali dan tahun 2018 merupakan tahun terakhir diselenggarakan kegiatan.

Saat membuka acara Temu Wicara, Kapusdiklat Teknis Peradilan Mahkamah Agung RI, Agus Subroto, SH. M.Hum menyampaikan “kerjasama antara Mahkamah Agung RI dengan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan bertujuan untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional, sesuai dengan tugas dan fungsi Balitbang Diklat Husum dan Peradilan. Kegiatan ini bertujuan guna lebih meningkatkan kinerja para hakim, agar hakim senantiasa dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya mengenai perbankan.

Menyadari realitas tersebut, lanjut Kapusdiklat Teknis Peradilan, sesuai dengan ciri khas pusdiklat teknis peradilan yaitu pre-service training dan in-service training, bahwa demi mewujudkan aparatur peradilan, utamanya hakim yang profesional dan berintegritas tinggi, para hakim diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasannya, sebagai modal untuk pelaksanaan tugas menegakkan hukum dan keadilan. Berbagai media dapat dipergunakan untuk memenuhi harapan tersebut, misalnya melalui wokshop dalam bentuk temu wicara perbankan seperti yang diselenggarakan pada kesempatan ini.

Sementara itu, Kepala Grup Departemen Hukum Bank Indonesia, Rika Satriana Dewi, sangat mengapresiasi temu wicara ini, mengingat pelaksanaan tugas Bank Indonesia sering berkaitan dengan hukum. “Pelaksanaan tugas Bank Indonesia banyak sekali berkaitan dengan hukum sehingga acara seperti ini sangat penting karena kita bisa saling bertukar pikiran dan berdiskusi. Hal yang sama ditegaskan oleh Direktur Litigasi dan Bantuan Hukum Otoritas Jasa Keuangan, Hendra Jaya Sukmana, "Dengan adanya kewenangan Otoritas Jasa Keuangan dibidang Penyelidikan maka kedepan koordinasi dengan aparat penegak hukum akan semakin intens hubungannya" Tegas-nya.

Kegiatan temu wicara yang berlangsung selama 3 hari ini, dihadiri oleh Hakim Agung Perdata, Hakim Agung Pidana, Hakim Agung TUN, Pimpinan Wilayah OJK, Hakim Tingkat Pertama dan Banding.

 

{besps}d_teknis/kegiatan/2018/temu_wicara_malang{/besps}

© 2018 Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan. All Rights Reserved