BADAN LITBANG DIKLAT HUKUM DAN PERADILAN BANGUN KERJASAMA DENGAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS MUSAMUS MARAUKE

Marauke-bldk.mahkamahagung.go.id - Puslitbang Hukum dan Peradilan MA RI berkunjung ke Fakultas Hukum Universitas Musamus Marauke dalam rangka menjalin kerjasama di bidang penelitian yang ditandai dengan dilakukannya penandatanganan nota kesepahaman antara Kepala Badan Litbang Diklat Mahkamah Agung Bapak Dr. Zarof Ricar, S.H., S. Sos., S.Hum. dengan Rektor Universitas Musamus Dr. Drs. Beatus Tambaib, M.A (24-11-2021). Jajaran Puslitbang Hukum dan Peradilan MA RI yang terdiri dari Kepala Puslitbang Hukum dan Peradilan MA RI Bapak Dr. Andi Akram S.H., M.Hum, Hakim Tinggi / Peneliti Puslitbang Hukum dan Peradilan MA RI Bapak Dr. Marsudin Nainggolan, S,H., M.H.; Kepala Sub Bidang Kerjasama Puslitbang Hukum dan Peradilan MA RI Bapak Sudaryanto, S.H., M.H.; serta Peneliti Ahli Madya Puslitbang Hukum dan Peradilan MA RI Dr. Ismail Rumadan, M,H. dan Dr. Budi Suhariyanto, S.H., M.H. disambut oleh para jajaran pimpinan dari Universitas Musamus, Dekan Fakultas Hukum, Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura, Ketua Pengadilan Negeri Marauke, Ketua Pengadilan Agama Marauke, Kepala Kejaksaan Negeri Marauke, Kapolres Marauke, Kepala Lapas Marauke, Kepala Bapas Marauke, dan juga Mahasiswa-mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Musamus.

Dalam sambutannya, Drs. Beatus Tambaib, M.A. menyampaikan rasa terhormat dan bangganya karena kampus yang berada di Ujung Timur Indonesia seperti Universitas Musamus ini tetap mendapat perhatian dari Mahkamah Agung RI khususnya dari Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan MA RI. Beliau juga menyampaikan harapannya bahwa setelah adanya MoU dan Perjanjian Kerja Sama dengan Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI dapat memberikan kesempatan bagi para Mahasiswa Fakultas Hukum Usamus untuk dapat menimba ilmu dan pengalaman melalui program magang di Mahkamah Agung terkait pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka sesuai instruksi Menteri Pendidikan RI.

“Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan MA RI memiliki fungsi yang relatif sama dengan Perguruan Tinggi atau Universitas diantaranya dalam hal pengajaran dan penelitian. Oleh karena itu, selain melakukan kerjasama dengan Kementerian/Lembaga lain, Badan Litbang Diklat Kumdil juga menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai universitas baik dalam rangka Diklat maupun Riset”, sebut Dr. Zarof Ricar, S.H., S. Sos., S.Hum. dalam menyampaikan pidato sambutannya. Beliau juga menjelaskan bahwa Universitas Musamus ini merupakan Universitas ke- 21 yang telah melakukan penandatanganan MoU dengan Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI yang di lanjutkan dengan Perjanjian Kerja Sama khususnya dibidang penelitian. “Setiap perjanjian kerja sama dengan universitas memiliki topik atau isu yang berbeda – beda dalam pembahasannya, Adapun Universitas Musamus yang berada di Ujung Timur Indonesia tentunya memilik karakteristik hukum dan peradilan adat yang unik, maka dari itu konten / topik yang perlu dikerjasamakan yakni seputar penelitian tentang eksistensi dan penerapan hukum adat di Papua”, tambahnya.

Selain melakukan penandatanganan nota kesepahaman, Dr. Zarof Ricar, S.H., S. Sos., S.Hum. juga menyampaikan materi kuliah umum kepada mahasiswa dan mahasiswi Universitas Musamus yang dilaksanakan di Aula Universitas Musamus Merauke dengan judul materi “Pelaksanaan Fungsi Mengadili dan Upaya Pembentukan Yurisprudensi oleh Mahkamah Agung”. Dalam penyampaian materinya, beliau menjelaskan bahwa dengan adanya standar hukum, maka dapat dicegah kemungkinan- kemungkinan timbulnya disparitas dalam berbagai putusan hakim yang berbeda dalam perkara yang sama. Andai kata timbul perbedaan putusan antara hakim yang satu dengan yang lainnya dalam kasus yang sama, maka hal itu jangan sampai menimbulkan disparitas tetapi hanya bercorak sebagai variabel secara kasuistik yaitu kasus demi kasus. Menurut beliau bagi mahasiswa dan mahasiswi Universitas Musamus yang akan melaksanakan ataupun melakukan penelitian dan penulisan karya tulis ilmiah sebagai tugas akhir, dapat menjadikan hasil penelitian dari Puslitbang sebagai referensi. “hasil penelitian dan kajian itu seperti harta karun yang perlu digali lebih dalam agar didapatkan mutiara berupa konsep baru yang dapat dikembangkan”  ungkapnya sebelum menutup sesi penyampaian materi.

Hubungi Kami

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan
Mahkamah Agung RI

Kantor: Jl. Cikopo Selatan Desa Sukamaju, Kec. Megamendung
Bogor, Jawa Barat 16770

Telepon: (0251) 8249520, 8249522, 8249531, 8249539
Faks: (0251) 8249522, 8249539
HP Whatsapp: 082114824160 (Pusdiklat Menpim)

Surel: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.