Kepala Puslitbang MA menerima Wawancara Peneliti FH Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Jakarta, bldk.mahkamahagung.go.id - Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung (Kapuslitbang MA) Dr. Andi Akram S.H., M.H. menerima kunjungan Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FH UMY) Dr. Iwan Satriawan, S.H., MCL. Kunjungan Dekan FH UMY tersebut dalam rangka pelaksanaan kegiatan wawancara penelitian “Model Pengangkatan Hakim Agung dalam Mewujudkan Peradilan yang Independen: Review Pengalaman Indonesia”. Kegiatan wawancara tersebut diselenggarakan di Hotel DoubleTree Cikini Jakarta Pusat.

Dengan didamping para asisten peneliti yaitu Devi Seviyana, S.H. dan Raihan Azzahra, S.H., Dr. Iwan Satriawan, S.H., MCL. selaku Ketua Tim Peneliti menjelaskan latar belakang, tujuan dan kebutuhan penggalian data terkait dengan pelaksanaan rekrutmen Hakim Agung, hambatan dalam proses seleksi dan pendalaman terhadap model seleksi Hakim Agung yang lebih baik ke depan. Dalam kesempatan tersebut, Kapuslitbang MA didampingi oleh Peneliti Senior MA yaitu Dr. Budi Suhariyanto, S.H., M.H., menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait topik penelitian tersebut.

Kapuslitbang MA menjelaskan tentang pengaturan rekrutmen seleksi Hakim Agung yang diatur dalam perundang-undangan saat ini dan implikasi dari beberapa norma yang dilakukan judicial review di Mahkamah Konstitusi. Dijelaskan lebih lanjut oleh Kapuslitbang MA bahwa dengan adanya kebijakan sistem kamar pada Mahkamah Agung telah memberikan kemudahan dalam menilai kebutuhan Calon Hakim Agung (CHA) dan pengukuran beban kerja penyeleseaian perkara yang harus dipenuhi sebagai dasar diajukan usulan pengisian Hakim Agung. Berdasarkan penghitungan kebutuhan CHA tersebut, Komisi Yudisial (KY) menindaklanjutinya dengan mengadakan seleksi terbuka sebagaimana berjalan dengan baik hingga saat ini.

Seleksi CHA yang diselenggarakan oleh KY dinilai Kapuslitbang MA telah memenuhi ekspektasi publik terkait dengan transparansi dan akuntabilitas proses pada setiap tahapannya. Apalagi dengan adanya seleksi wawancara yang disiarkan langsung sehingga publik dapat menyimak dengan baik dan memahami kapasitas dan kompetensi para CHA dalam menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan oleh para panel ahli dari KY. Dengan proses seleksi yang demikian, senyatanya lebih baik daripada saat era orde baru yang lalu atau sebelum reformasi.

Hubungi Kami

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan
Mahkamah Agung RI

Kantor: Jl. Cikopo Selatan Desa Sukamaju, Kec. Megamendung
Bogor, Jawa Barat 16770

Telepon: (0251) 8249520, 8249522, 8249531, 8249539
Faks: (0251) 8249522, 8249539
HP Whatsapp: 082114824160 (Pusdiklat Menpim)

Surel: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.