Penelitian Perlindungan Anak Pelaku Pidana Berlanjut Di Semarang

Semarang-bldk.mahkamahagung.go.id. Penelitian Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA) dengan tema Perlindungan Anak Pelaku Pidana kembali di adakan oleh Puslitbang Hukum dan Peradilan MA RI untuk wilayah hukum Jawa Tengah dengan mengadakan Focus Group discussion (FGD) di Santika Premiere Semarang (14-16 September 2020).

Acara FGD untuk sesi 1 ini menghadirkan narasumber dari Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Semarang Dr. Lilis Yuaningsih, S.E.,M.Si. dalam materinya menyampaikan mengenai Cakupan ‘Anak’ dalam Undang Undang SPPA dan juga sasaran dalam SPPA tersebut mencegah atau setidaknya mengurangi stigmatisasi terhadap anak perlunya membatasi perkara anak yang masuk ke dalam SPPA. Sasaran selanjutnya dalam paparan materinya juga disampaikan mengenai mayoritas perkara anak diselesaikan melalui diversi dan lebih berperannya petugas non penegak hukum dalam perkara anak serta lebih meningkatnya partisipasi publik (keluarga, lingkungan dan sekolah) dalam penanganan perkara anak.

Narasumber pada kegiatan yang berlangsung 3 hari ini selain dari BAPAS Semarang juga ada dari tim Peneliti Puslitbang Kumdil MA RI Dr. Moch. Ridwan, SH., M.Si, DrHj. Diah Sulastri Dewi, S.H.,M.H. hakim tinggi pengadilan Tanjungkarang, Dr. Sulhan, S.Pd, SH, M.Si, M. Kn dari akademisi, Dodik Hermawan, S.H.,M.H, Dr. Ridwan Mansyur, S.H., M.H Wakil Ketua Pengadilan Tinggi semarang, Dr. Hj. Ernida Basry, M.H Hakim tinggi Peneliti pada puslitbang Kumdil MA RI sedangkan narasumber dari instansi luar Dodik Hermawan, S.H.,M.H Kasi pidum kejari semarang, Catur Yuliwanto, S.ST., MSW. Bapas Semarang

Peserta yang hadir pada acara FGD Penelitian Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA) dengan tema Perlindungan Anak Pelaku Pidana hakim dari wilayah hukum Jawa Tengah, kejari semarang, Bapas semarang dan pekerja sosial profesional.

Hubungi Kami

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan
Mahkamah Agung RI

Kantor: Jl. Cikopo Selatan Desa Sukamaju, Kec. Megamendung
Bogor, Jawa Barat 16770

Telepon: (0251) 8249520, 8249522, 8249531, 8249539
Faks: (0251) 8249522, 8249539
Surel: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.