Lanjutkan Penelitian di Jawa Timur, Peneliti Puslitbang MA Kunjungi PN Probolinggo

Probolinggo-bldk.mahkamahagung.go.id. Peneliti Puslitbang MA melanjutkan penelitian di wilayah Jawa Timur dengan mengunjungi Kantor PN Probolinggo, Senin (14/9/2020).

Tim Peneliti yang dipimpin langsung oleh kordinator penelitian M. Iqbal diterima langsung oleh Ketua PN Probolinggo Darwanto. Iqbal didampingi oleh peneliti lainya yakni Dr. Khalimi.

Kepada Darwanto  Iqbal menyampaikan bahwa Jawa Timur menjadi salah satu dari delapan lokasi penelitian terkait implikasi putusan sengketa pertanahan terhadap kewenangan peradilan perdata dan peradilan tata usaha negara.

“Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari tahun sebelumnya dengan topic yang hampir mirip,”tegas Iqbal.

Pada kesempatan tersebut Iqbal juga sekaligus menyampaikan rencana penyelengaraan   FGD di Hotel Atria Malang yang juga melibatkan  peserta dari kalangan hakim baik pengadilan umum maupun TUN, akademisi, praktisi hukum dan juga BPN.

“Kalo bisa kami juga dibantu meminta perkara yang sudah inkrach namun belum dilaksanakan eksekusi karena menunggu putusan PTUN, serta putusan-putusan pertanahan baik yang bersifat deklatour maupun condemnatur.” ungkap Iqbal.

Kepada peneliti Puslitbang MA Darwanto  menyambut baik penelitian ini yang bertujuan mencari jalan keluar guna meminimalisir silang sengketa penyelesaian pertanahan.

Insya Allah kami akan mengirim peserta untuk hadir acara FGD tersebut  dan akan memberikan masukan/problem terkait dengan topik penelitian,” pungkasnya.

Hubungi Kami

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan
Mahkamah Agung RI

Kantor: Jl. Cikopo Selatan Desa Sukamaju, Kec. Megamendung
Bogor, Jawa Barat 16770

Telepon: (0251) 8249520, 8249522, 8249531, 8249539
Faks: (0251) 8249522, 8249539
Surel: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.