Puslitbang Kumdil Mahkamah Agung berduka: Salah Seorang Peneliti Handal Puslitbang Berpulang

Jakarta-Bldk.mahkamahagung.go.id  Pusat Penelitian dan Pengembangan Mahkamah Agung RI berduka pada tanggal 12 oktober 2020 lantaran salah seorang peneliti handalnya berpulang ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa. Peneliti tersebut adalah Dr. Mul Irawan, S.Ag., M.H yang menghembuskan nafas terakhirnya di kota Palu, Sulawesi Tengah pada hari senin, 12 Oktober 2020 pada Pkl. 07.00 Wita. Beliau bergabung pada Puslitbang Kumdil Mahkamah Agung di tahun 2016 setelah sebelumnya menjabat sebagai kepala Sub-bagian umum dan keuangan Pengadilan Agama kelas 1-A Samarinda sejak januari 2014 sd desember 2015. Kepakaran beliau berfokus pada ranah peradilan agama yang belum ada satu penelitipun yang menggeluti bidang tersebut.

Banyak sekali karya penelitian yang beliau hasilkan selama menjadi peneliti di Puslitbang kumdil Mahkamah Agung diantaranya: Implementasi Small Claim Court Dalam penyelesaian Perkara Ekonomi Syariah di Pengadilan Agama sesuai dengan PERMA 14 tahun 2016 dan Peguatan Implementasi Kewenangan Mahkamah Sya’riah dalam Penyelesian Perkara Jinayah di Aceh. Kedua penelitian ini langsung dikoordinatori oleh beliau. Bahkan saat ini beliau juga sedang terlibat aktif dalam penelitian tentang Penegekan Hukum Ekonomi Syariah Bersama Bapak Kapuslitbang Kumdil MA RI. Karya Karya beliau begitu amat bermakna dan memiliki sumbangsih besar dalam penelitian tentang peradilan agama.

Dr. Hasbi Hasan sebagai Kapuslitbang Kumdil MA RI merasa sedih atas berpulangnya peneliti yang bertalenta tersebut. “Kita kehilangan seorang peneliti yang berdedikasi tinggi, produktif, bekerja dengan tulus ikhlas, jujur, santun serta bertanggungjawab.” tuturnya saat mendegar berita berpulangnya Dr. Mul Irawan Ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa. Beliau mengharapkan para pegawai Puslitbang untuk medoakan arwah beliau agar diterima di sisi-NYA.

Selamat Jalan Pak Mul Irawan, bapak orang baik dan tentunya kebahagiaan surgawi menanti kehadiranmu disana. Semoga Sang mahakuasa mengampuni segala dosa bapak dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Amin. (jld)

Kunjungi BPN Malang, Diskusikan Putusan Pengadilan Terkait Sengketa Pertanahan

Malang-bldk.mahkamahagung.go.id Peneliti Puslitbang Hukum dan Peradilan MA RI melanjutkan penelitian di Wilayah Jawa Timur dengan mengunjungi Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Malang, Jumát  (18/9/2020).

Tim Peneliti yang dipimpin langsung oleh kordinator penelitian Moch. Iqbal  dan  peneliti Dr. Khalimi diterima langsung oleh Kepala Kantor BPN Kabupaten Malang Asrofil diruang kerjanya.

Moch. Iqbal menyampaikan bahwa Jawa Timur dan Malang khususnya menjadi salah satu dari delapan lokasi penelitian terkait kewenangan peradilan perdata dan peradilan tata usaha negara.

Iqbal juga menyampaikan hasil  peneyelengaraan  Diskusi Terpumpun atau Forum Group Discussion (FGD) di Hotel Atria Malang  yang juga melibatkan peserta dari unsur BPN.

“”Kalau bisa kami juga dibantu untuk meminta perkara yang sudah inkrach namun belum dilaksanakan eksekusi karena  menunggu putusan PTUN,”  ungkap Iqbal.

Asrofil sendiri mengapresiasi penelitian ini sekaligus mengharapkan adanya agenda diskusi untuk menyamakan persepsi tentang putusan pengadilan. Sehingga sebagai pejabat administrasi tidak kebingungan dalam melaksanakan putusan pengadilan.

 

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • Hubungi Kami

    Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan
    Mahkamah Agung RI

    Kantor: Jl. Cikopo Selatan Desa Sukamaju, Kec. Megamendung
    Bogor, Jawa Barat 16770

    Telepon: (0251) 8249520, 8249522, 8249531, 8249539
    Faks: (0251) 8249522, 8249539
    Surel: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.