Puslitbang Kumdil MA RI Tandantangani MoU Kerjasama dengan Universitas Andalas

Padang-bldk.mahkamahagung.go.id– Puslitbang Kumdil MA menandantangani MoU kerjasama dengan Universitas Andalas, Selasa (15/12/2020).

Hadir dari Puslitbang Dr. Marsudin nainggolan, Dr. Ernida Basyri, Dr. Nurul Huda, Dr. Ismail Rumadan, Muh. Ridha hakim, Sudharyanto, Tri Mulyani dan Yulia. Sementara dari Universitas Andalas adalah Prof Yuliandri, Wakil Rektor IV, Dekan Fak. Hukum Univ. Andalas dan  Wakil Dekan I

Hakim Tinggi Dr. Marsudin Nainggolan mewakili Kapuslitbang dan  didampingi Dr. Ernida Basyri dan Dr. Nurul Huda. Marsudin Nainggolan menjelaskan poin penting dalam kerjasama ini antara lain berbagi data antara MA dan akademisi baik dalam hal anotasi putusan, diseminasi hasil penelitian serta bedah hasil penelitian sehingga dapat saling mendukung untuk menciptakan penelitian yang memberi manfaat bagi stakeholders dan masyarakat.

Sementara Rektor Universitas Andalas  Prof. Yuliandri menjelaskan bahwa saat ini Universitas Andalasberada pada peringkat keempat jika dilihat dari penelitian yang dihasilkan.

“ FHUA sebelumnya juga  pernah bekerjasama dengan Kementerian Hukum dan HAM dalam melakukan anotasi putusan. Oleh karenanya, terkait itu bisa menjadi salah satu program yang bisa terselenggara bersama Puslitbang,” ujarnya.

Menurutnya MoU ini bisa menjadi jembatan untuk menerima mahasiswa magang dari FHUA baik ke Puslitbang maupun ke pengadilan-pengadilan.

“Terakhir, adanya jurnal hukum dan peradilan yang diterbitkan oleh Puslitbang juga bisa dimanfaatkan dalam publikasi karya tulis dari dosen  di Universitas Andalas,” pungkasnya.

Litbang itu “ The Center of Thinker dan Excellence”

Jakarta-Bldk.mahkamahagung.go.id---Puslitbang Kumdil MA RI kembali menyelengarakan acara Konsinyering Uji Kelayakan Aplikasi Sislitbang di hotel Harris, Sentul Bogor Jawa Barat. Acara ini merupakan kegiatan yang penting karena dalam sejarah Puslitbang karena untuk pertama kalinya Puslitbang akan memiliki Aplikasi yang akan mempermudah kegiatan penelitian yang akan dimanfaatkan pada tahun mendatang. Kegiatan ini dihadiri oleh 52 peserta yang terdiri dari unsur Hakim, pejabat strukural dan fungsional, para staf Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI, dan penyedeia aplikasi selaku pihak ketiga.

Dalam Laporannya Kapuslitbang Kumdil MA RI menyampaikan bahwa Litbang itu “the center of thinker dan Excellence” artinya Puslitbang merupakan perkumpulan para pemikir dan orang orang terpilih yang mampu memberikan kontribusi nyata dalam kegiatan penelitian setiap tahunya. Oleh karena itu sumber daya manusia yang menggerakkkan puslitbang haruslah memiliki kompetensi dan kemampuan yang di atas rata rata dalam yaitu kemampuan IT, bahasa dan berintegritas tinggi. Beliau menyampaikan juga bila dirinya dilantik sebagai Sekretaris Mahkamah Agung, dia akan memfokuskan perhatiannya pada digitalisasi data dan informasi serta pengembangan aplikasi yang tentunya akan mempermudah pekerjaan para aparatur peradilan yang ada di seluruh Indoenesia. Menurutnya Pengembagan IT harus dikempbangkan secara berkesinambungan agar membantu seluruh warga peradilan dalam menunaikan tugasnya. Sislitbang yang sedang dikembangkan Puslitbang merupakan salahsatunya. Dalam sislitbang akan berisi seluruh fitur fitur yang akan membantu para peneliti dan staf administrasi dalam merampungkan penelitian. Fitur fitur tersebut berisi fitur keuangan, persuratan, dst. Beliau mengusulkan agar ditambahkan satu fitur lagi yaitu fitur SKP (sasaran kinerja pegawai) karena skp ini akan membantu pimpinan dalam memberikan penilaian yang objektif terhadap kinerja pegawai yang berada di bawahnya. Sehingga para pegawai akan bersaing secara sehat dalam mengembangkan karirnya.

Bapak Sekretaris Badan Litbang Diklat Kumdil, Dedi Waryoman, S.Sos., MH selaku PLH Kabadan Litbang Diklat Kumdil MA RI membuka secara resmi acara konsinyering Uji Kelayakan Aplikasi Sislitbang. Dalam kata sambutannya beliau menandaskan bahwa dia sangat menyambut baik sekali aplikasi Sislitbang yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini. Maka dari itu perlu sekali melakukan uji kelayakan terhadap aplkasi ini agar terasa manfaatnya bagi warga Puslitbang dalam menjalankan kegiatan penelitian setiap tahunnya. Oleh karena itu Aplikasi Sislitbang ini perlu sekali dijalankan secara berkesinambungan, “jangan sampai bila ganti kapuslitbang, Aplikasi ini tidak lagi dijalankan lagi.” Maka dari itu diperlukan keseriusan dari pemeliharaan aplilkasi ini agar berdayaguna secara nyata dalam kegiatan penelitian ke depannya.

Acara Uji Aplikasi ini berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 10 sd 12 desember 2020 dengan agenda utama presentasi aplikasi sislitbang dan tanggapan dari para peserta konsinyering yang akan menghasilan rekomendasi untuk layak atau tidaknya aplikasi ini dijalankan dalam kegiatan penelitian ke depannya.Aplikasi ini diharapkan juga dapat menjadi percontohan bagi unit eselon satu lainnya dalam menjalankan fungsinya sehari hari.

Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan ramah tamah secara informal dengan menikmati kudapan yang telah disediakan pihak hotel.

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • Hubungi Kami

    Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan
    Mahkamah Agung RI

    Kantor: Jl. Cikopo Selatan Desa Sukamaju, Kec. Megamendung
    Bogor, Jawa Barat 16770

    Telepon: (0251) 8249520, 8249522, 8249531, 8249539
    Faks: (0251) 8249522, 8249539
    Surel: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.