Pembukaan Diklat 1 Program Pendidikan Calon Hakim Terpadu TA 2024

Megamendung, bldk.mahkamahagung.go.id – Kepala Badan Strategi Kebijakan dan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan (BSDK) Bambang H. Mulyono @bambang_bldk mendampingi Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. pada acara Pembukaan Program Pendidikan Calon Hakim (PPCH) Terpadu Angkatan IV untuk Peradilan Umum, Agama, dan TUN serta Angkatan V untuk Peradilan Militer, pada Senin, 26 Febuari 2024, bertempat di Kampus Mahkamah Agung Corporate University, Megamendung Bogor Jawa Barat.
 
Dalam laporannya Bambang H. Mulyono, menyampaikan bahwa jumlah siswa yang mengikuti pendidikan Gelombang 1 ini sejumlah 512 yang terdiri dari lingkungan Peradilan Umum 324, Agama 126, TUN 37 dan Militer 25 peserta. Durasi pendidikan ini akan berangsung hingga 6 April 2024.
Diharapkan setelah mengikuti program ini, saat dilantik menjadi hakim dapat meningkatkan kualitas baik dari skill, pengetahuan dan integritasnya, ucap mantan Kepala Pusdiklat Teknis ini.
 
Sementara Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. dalam sambutannya mengatakan bahwa profesionalitas dan integritas adalah dua hal yang mutlak harus dimiliki oleh seorang hakim tanpa bisa di tawar-tawar, karena integritas tanpa profesionalitas adalah kerapuhan, sedangkan profesionalitas tanpa integritas akan menjadi sumber terjadinya malapetaka. Pastikan bahwa saudara adalah orang-orang yang mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai hakim yang profesional dan memiliki integritas yang tinggi, dan semua itu harus dibangun dari sejak saat ini.
 
Acara Pembukaan ini dihadiri oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, para Ketua Kamar pada Mahkamah Agung, pejabat Eselon I dilingkungan Mahkamah Agung, Asisten Personal Panglima TNI, Kepala Badan Pembinaan Hukum TNI, Panglima Divisi Infantri 1 Kostrad, Kepala Pengadilan Militer Utama, pejabat Eselon II dilingkungan Mahkamah Agung, serta para undangan lainnya.
 
Demikian sekilas info. Semoga bermanfaat.
Salam Cadas, cerdas berintegritas ...
 
-- ark | yfk
-- Tim Dokumentasi Teknispro
 
#mahkamahagung
#humasmahkamahagung
#pusdiklatmahkamahagungri
#teknispro
#Cadas
#ppch
 
@bldk_mari
@humasmahkamahagung
@bambang_bldk
@uncu_syam

Kunjungan 8 Delegasi Negara Sahabat Pada Badan Strategi Kebijakan Diklat Hukum dan Peradilan

Megamendung, bldk.mahkamahagung.go.id - Kembali Kampus Mahkamah Agung Corporate University menerima kehormatan pada kegiatan penanaman pohon oleh Ketua Mahkamah Agung R.I bersama para Ketua Mahkamah Agung dan Delegasi Negara sahabat pada Selasa, 20 Februari 2024.

Penanaman pohon yang merupakan bagian dari rangkaian event Laporan Tahunan Mahkamah Agung 2023 ini dihadiri oleh beberapa tamu dari negara sahabat, di antaranya yaitu, Ketua Mahkamah Agung Malaysia, Ketua Mahkamah Agung Singapura, Ketua Mahkamah Agung Kuwait, Wakil Ketua Mahkamah Agung Qatar, Delegasi Sudan, Delegasi Australia, Delegasi China, dan Delegasi Rusia.

Dalam sambutannya, Ketua Mahkamah Agung Prof. Syarifuddin, S.H., M.H. menyatakan bahwa kegiatan penanaman pohon merupakan sebuah simbol keabadian dalam hubungan persahabatan antar negara, selain itu pohon yang ditanam merupakan tanaman keras dan kokoh juga seperti hubungan Mahkamah Agung Republik Indonesia dengan negara-negara sahabat yang kokoh terus dibangun dan tumbuh lebih baik lagi. Tanaman yang ditanam antara lain pohon kedongdong, kelengkeng, dan alpukat.

Turut hadir pula pada kegiatan ini yaitu Wakil Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Bidang Yudisial, para Ketua Kamar Mahkamah Agung, dan Kepala Badan Strategi Kebijakan dan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan. Kegiatan ditutup dengan pemberian cinderamata dan foto bersama para Ketua Mahkamah Agung maupun delegasi negara sahabat yang hadir.

Pembukaan Training of Tutor and Mentor Program Pendidikan Calon Hakim Terpadu TA 2024

Jakarta, bldk.mahkamahagung.go.id - Slogan Cadas yang tersemat dan melekat pada lembaga ini merupakan singkatan Cerdas Berintegritas. Slogan tersebut tidak sekadar sebuah nama namun sebagai suatu penyemangat, bahwa cerdas saja tidak cukup tetapi sebagai hakim juga harus berintegritas, demikian disampaikan Kepala Badan Strategis Kebijakan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan (BSDK), Bambang H. Mulyono @bambang_bldk saat memberikan laporan dihadapan Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. pada acara Training of Tutor (ToT) dan Training of Mentor (ToM) Program Pendidikan Calon Hakim (PPCH) Terpadu Lingkungan Peradilan Umum, Agama, Militer dan Tata Usaha Negara.

Training ToT dan ToM yang dimulai sejak 15 Februari s.d 19 Februari 2024 di Jakarta diikuti sebanyak 659 peserta yang terdiri dari unsur Pimpinan Ketua/Kepala Pengadilan dan para Hakim Peradilan Tingkat Pertama seluruh Indonesia. Ketua/Kepala Pengadilan yang berfungsi sebagai Tutor dan Hakim sebagai Mentor adalah kepanjangan tangan Pusdiklat Teknis dalam membimbing dan membina para mentee di pengadilan magang.

Fungsi Tutor dan Mentor sebagai coaching memiliki peran sangat strategi dalam membangun dan mengembangkan para calon hakim dengan kualitas yang harus melampaui kita semua, ucap orang nomor satu di lingkungan BSDK penuh harap.

Sementara Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. dalam sambutannya menyampaikan bahwa baik buruknya lembaga peradilan dimasa yang akan datang akan ditentukan oleh para calon hakim yang nanti akan dibimbing dan dilatih oleh para Tutor dan Mentor. Oleh karenanya, baik Tutor dan Mentor hendaknya bekerja dengan baik dalam melaksanakan tugasnya. Jadikan tugas ini sebagai ladang pahala, pesannya.

Hadir pada acara tersebut para Ketua Kamar, para Dirjen, Pejabat Sruktural serta Hakim Yustisial Mahkamah Agung dan Hakim Yustisial BSDK.

Salam Cadas, cerdas berintegritas ...

 

-- ark | yfk
-- Tim Dokumentasi Teknispro

Pusdiklat Teknis Peradilan Menyusun Rancangan Pelaksanaan PPCH

Jakarta, bldk.mahkamahagung.go.id - Perhelatan akbar Program Pendidikan dan Pelatihan Calon Hakim Terpadu (PPCH) 2024 yang sebentar lagi digelar menjadi perhatian khusus Kepala Pusdiklat Teknis Peradilan, Syamsul Arief saat memimpin rapat koordinasi dan sinkronisasi terkait persiapan penyelenggaraan PPCH 2024. Dalam sambutannya, Syamsul Arief menyampaikan beberapa progres ketersediaan sarana dan prasarana seperti kesiapan kamar asrama dan kelas menunjukkan kemajuan yang baik. Selain itu, pria kelahiran Februari itu menyampaikan agar dalam menentukan dan memilih narasumber atau pengajar memperhatikan kompetensinya, terutama penguasaan materi dan teknik mengajarnya.

“Jangan sampai kita memilih pengajar yang tidak memiliki ilmu pedagogik atau kurang menguasai matari yang akan disampaikan”, ujarnya dihadapan para peserta rapat. Rapat yang dilaksanakan pada Rabu, 17 Januari 2024 di Jakarta diikuti para Hakim Yustisial BLDK, para Pejabat Struktural, dan pegawai. Saat berita ini diturunkan masih berlangsung pembahasan sinkronisasi jadwal dan modul.

Rapat Koordinasi Awal Tahun Badan Litbang Diklat Kumdil

Bogor, bldk.mahkamahagung - Sesuai tugas dan fungsinya sebagai penyelenggara pendidikan dan pelatihan, Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung pada Rabu, 17 Januari 2024 mengadakan rapat koordinasi Rencana Program Pelatihan Tahun Anggaran 2024 diikuti seluruh Pejabat Struktural yang dipusatkan di Kampus Mahkamah Agung Corporate University, Megamendung - Bogor.

Kita perlu lakukan koordinasi, kerjasama dan sinkronisasi antar satuan kerja di lingkungan BLDK untuk memetakan pemanfaatan sarana dan prasarana yang ada, mengingat di tahun 2024 ini akan menyelenggarakan Program Pendidikan dan Pelatihan Calon Hakim Terpadu (PPCH) yang durasi dan kebutuhan fasilitasnya cukup menyita perhatian kita, ucap Bambang H. Mulyono, Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil saat memimpin rapat. Hal ini dikarenakan keterbatasan kelas dan kamar asrama yang tidak cukup untuk menampung akomodasi para peserta.

Sementara itu, Syamsul Arief Kepala Pusdiklat Teknis Peradilan mengungkapkan bahwa ada 1.460 peserta yang akan mengikuti PPCH Terpadu dari empat lingkungan peradilan. Ini berarti diperlukan 13 ruang kelas dan 174 kamar asrama.

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • Hubungi Kami

    Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan
    Mahkamah Agung RI

    Kantor: Jl. Cikopo Selatan Desa Sukamaju, Kec. Megamendung
    Bogor, Jawa Barat 16770

    Telepon: (0251) 8249520, 8249522, 8249531, 8249539
    Faks: (0251) 8249522, 8249539
    HP Whatsapp: 082114824160 (Pusdiklat Menpim)

    Surel: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.