Membangun Karakter dan Etos Kerja

MEGAMENDUNG, litbangdiklatkumdil.net - Senin, 8 Oktober 2012 pukul 19.30,. Diklat Kepemimpinan dibuka langsung oleh Ny. Siti Nurdjanah selaku Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI yang didampingi H. Sumarni Marzuki, SH., MH selaku Sekretaris Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI dan Dr. Tin Zuiraida, SH., MKn selaku Kepala Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI.

Pembukaan diawali dengan sambutan Kepala Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan yang sangat antusias dengan semangat dengan penuh harapan bahwa para Pimpinan Pengadilan Tingkat Pertama atau Pejabat yang melaksanakan tugas Yudisial pada suatu pengadilan adalah Sumber Daya Manusia yang sangat potensial bagi pelaksanaan tuga – tugas pelayanan pada masyarakat pencari keadilan pada masing – masing instansi Pengadilan terutama di Pengadilan Tingkat Pertama.

Pimpinan Pengadilan Tingkat Pertama harus memberikan kontribusi yang dibutuhkan bagi pelayanan pada masyarakat pencari keadilan, sehingga pelayanan eksternal dapat terlaksana secara prima, sehingga perlu diadakan pembinaan melalui Pendidikan dan Pelatihan yang membangun karakter yang dipupuk dari :

  1. Etos kerja, semangat pengabdian dan kebersamaan;
  2. Kemampuan administrasi dan manajerial skill;
  3. Efektifitas dan efisiensi serta rasionalitas dalam tugas.

Pembangunan karakter dalam etos kerja ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, pembentukan sikap dan memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan prima serta memantapkan Visi dan Misi Kesekretariatan Pengadilan dalam dinamika berfikir dalam melaksanakan tugas non yudisial dan pembangunan pengadilan yang Profesional dan bermartabat.

Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil juga menambahkan dalam sambutan beliau bahwa semua yang disampaikan Kepala Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan merupakan kompetensi teknis Yudisial. Semua terangkum secara nyata dalam kemampuan teknis Yudisial para Pimpinan Pengadilan yang terangkum dalam manajemen administrasi yang berkompeten dan transparan dalam mengatasi permasalahan – permasalahan internal maupun eksternal pengadilan. Sehingga beliau berpesan agar materi – materi yang ada dalam diklat dapat diikuti dan dipahami sebagai bekal wawasan serta pengetahuan yang terkoordinasi dan dikomunikasikan dengan baik.

Setelah memberikan sambutannya, Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI membuka Diklat Pimpinan Pengadilan dan menyematkan tanda peserta dengan diiringi doa agar peserta dapat sukses dan berhasil dikemudian hari.

Hubungi Kami

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan
Mahkamah Agung RI

Kantor: Jl. Cikopo Selatan Desa Sukamaju, Kec. Megamendung
Bogor, Jawa Barat 16770

Telepon: (0251) 8249520, 8249522, 8249531, 8249539
Faks: (0251) 8249522, 8249539
HP Whatsapp: 082114824160 (Pusdiklat Menpim)

Surel: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.