STANDAR PELAYANAN
BADAN STRATEGI KEBIJAKAN DAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN HUKUM DAN PERADILAN
MAHKAMAH AGUNG RI
Standar Pelayanan di Lingkungan Badan Strategi Kebijakan dan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan terdiri atas yaitu:
1. Standar pelayanan pembelajaran berbasis elektronik (e-learning)
No |
KOMPONEN |
URAIAN |
1. |
Dasar Hukum |
1. SK Kepada Badan Litbang Diklat Kumdil Nomor: 74/BLD/SK/IX/2016 Tentang Pedoman Kegiatan Pembelajaran Elektronik (E-Learning) pada BLDK |
2. |
Sarana Prasarana dan/atau Fasilitas |
1. Server dan Database dan Sarana Kelengkapanya |
3. |
Kompetensi Pelaksana |
SDM yang kompeten mengelola pembelajaran e-learning. |
4. |
Pengawas Internal |
Berjenjang mulai dari Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan, Para Kapusdiklat, Para Kepada Bidang, Para Kasubbid dan Pengajar Hakim Yustisial, Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran, serta Staf. |
5. |
Jumlah Pelaksana |
6 Orang |
6. |
Jaminan Pelayanan |
1. Adanya Kode Etik Pegawai |
7. |
Jaminan Keamanan & Keselamatan Pelayanan |
1. Dokumentasi Course Pembelajaran pada LMS |
8. |
Evaluasi Kinerja Pelaksana |
Rapat koordinasi intern |
9. |
Persyaratan Pelaksanaan |
1. Peserta pelatihan yang di panggil secara resmi oleh BLDK |
10. |
Sistem, Mekanisme & Prosedur |
1. Peserta pelatihan dapat mengunjungi website pembelajaran berbasis elektronik melalui urt sebagai berikut: https://elearning.mahkamahagung.go.id/ |
11. |
Jangka Waktu Pelayanan |
1. Pelatihan Sertifikasi: Selama 14 hari atau sesuai jadwal yang di terbitkan Pusdikat |
12. |
Biaya atau Tarif |
Tidak dikenakan biaya |
13. |
Produk Pelayanan |
Konten Media Pembelajaran Elektronik (Elearning) Beserta kelengkapanya |
14. |
Penanganan Pengaduan & Saran |
Peserta pelatihan yang tidak puas dengan pelayanan Pembelajaran Elektronik pada BLDK dapat melakukan pengaduan melalui LMS Elearning MA atau melalui admin Elearning. |
2. Standar pelayanan Aplikasi Teknis Pro
No |
KOMPONEN |
URAIAN |
1. |
Dasar Hukum |
1. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1985 tentang Mahkamah Agung dan telah dirubah dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2004 terahir dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2009. |
2. |
Sarana Prasarana dan/atau Fasilitas |
1. Server Penyimpanan Data |
3. |
Kompetensi Pelaksana |
1. SDM Pusdiklat Teknis Peradilan. |
4. |
Pengawas Internal |
Berjenjang dari: |
5. |
Jumlah Pelaksana |
Seluruh ASN dan PPNPN Pusdiklat Teknis Peradilan (30 orang) |
6. |
Jaminan Pelayanan |
1. Adanya Kode Etik Pegawai |
7. |
Jaminan Keamanan & Keselamatan Pelayanan |
1. Dokumentasi bersifat digital menggunakan server yang bisa diakses dimana saja saat dibutuhkan. |
8. |
Evaluasi Kinerja Pelaksana |
1. Pembahasan internal dalam tim IT BSDK terkait kestabilan server dan aplikasi. |
9. |
Persyaratan Pelaksanaan |
Peserta: Panitia: |
10. |
Sistem, Mekanisme & Prosedur |
1. Pengguna mengakses https://teknis.bldk.mahkamahagung.go.id/ dan login menggunakan NIP/NRP/Username yang dimiliki berserta password. Peminatan Pelatihan · Membuka menu Registrasi dan Riwayat untuk melihat pelatihan yang sudah dipanggil. · Peserta klik tombol bersedia / tidak bersedia sesuai keinginan peserta. · Peserta diminta melengkapi formulir yang tersedia dan kemudian melengkapi berkas yang dibutuhkan, seperti surat tugas, pernyataan (jika tidak bersedia), dan pas foto digital berlatarbelakang merah. · Setelah melakukan konfirmasi, peserta bisa mengikuti informasi selanjutnya terkait pelaksaan pelatihannya. 3. Untuk Panitia / Tim Kerja memiliki proses sebagai berikut: a. Membuka menu Tim Kerja, dan mengakses menu Enrollment. |
11. |
Jangka Waktu Pelayanan |
Penggunaan aplikasi teknisPro tidak terbatas hanya saat pra-pelaksanaan, pelaksanaan dan paska-pelaksanaan pelatihan, namun juga bisa digunakan kapan saja misalnya, saat membutuhkan data lampau yang sudah tersimpan dalam sistem, seperti data alumni, nama-nama kegiatan pertahun, dan lain-lain. |
12. |
Biaya atau Tarif |
1. Tidak ada biaya untuk peserta
|
13. |
Produk Pelayanan |
Informasi terkait lingkup tugas dan fungsi serta layanan Pusdiklat Teknis Peradilan. |
14. |
Penanganan Pengaduan & Saran |
Masyarakat yang tidak puas atau mengalami kendala dalam pelayanan aplikasi teknisPro, bisa menghubungi panitia masing-masing kelas untuk dievaluasi dan ditinjaklanjuti. |
3. Standar pelayanan publik di Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan
No |
KOMPONEN |
URAIAN |
1. |
Dasar Hukum |
1. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1985 tentang Mahkamah Agung dan telah dirubah dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2004 terahir dengan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2009. |
2. |
Sarana Prasarana dan/atau Fasilitas |
1. Ruangan Kelas |
3. |
Kompetensi Pelaksana |
Peserta: 1. Memiliki NIP dan terdaftar dalam SIKEP Mahkamah Agung RI. Panitia: 2. Terdaftar sebagai ASN atau PPNPN Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan. |
4. |
Pengawas Internal |
Berjenjang dari: 1. Kepala Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan |
5. |
Jumlah Pelaksana |
Seluruh ASN dan PPNPN Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan (30 orang) |
6. |
Jaminan Pelayanan |
1. Adanya Kode Etik Pegawai |
7. |
Jaminan Keamanan & Keselamatan Pelayanan |
1. Adanya SOP |
8. |
Evaluasi Kinerja Pelaksana |
Evaluasi kinerja dilakukan melalui: 1. Evaluasi standar pelayanan minimal |
9. |
Persyaratan Pelayanan |
Keputusan Penetapan Peserta oleh Kepala Badan Strajak Diklat Kumdil MA RI. |
10. |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur |
Peserta ditetapkan oleh Kepala Badan Strajak Diklat Kumdil MA RI. a. Tahap Pelaksanaan Kegiatan Diklat secara Tatap Muka / Luring |
11. |
Jangka Waktu Penyelesaian Pelayanan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) |
a. Pelatihan Kepemimpinan 1) Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (dengan Blended Learning) Selama 116 (seratus enam belas) hari, 31 (tiga puluh satu) hari secara online, 25 (dua puluh lima) hari klasikal, dan 60 (enam puluh) hari habituasi, peserta diasramakan saat klasikal. 2) Pelatihan Kepemimpinan Administrator (dengan Blended Learning) Selama 116 (seratus enam belas) hari, 31 (tiga puluh satu) hari secara online, 25 (dua puluh lima) hari klasikal, dan 60 (enam puluh) hari habituasi, peserta diasramakan saat klasikal. b. Pelatihan Manajemen Administrasi 1) Pelatihan Manajemen Administrasi bagi Pimpinan Pengadilan (dengan klasikal) Selama 12 (dua belas) hari dan peserta diasramakan. 2) Pelatihan Manajemen Administrasi bagi Panitera Pengadilan (dengan klasikal) Selama 12 (dua belas) hari dan peserta diasramakan. 3) Pelatihan Manajemen Administrasi bagi Sekretaris Pengadilan (dengan klasikal) Selama 12 (dua belas) hari dan peserta diasramakan. c. Pelatihan Dasar ASN dan PPPK 1) Pelatihan Dasar Calon ASN (dengan Blended Learning) Selama 90 (seratus enam belas) hari, 30 (tiga puluh satu) hari secara online, 15 (lima belas) hari klasikal, dan 45 (empat puluh lima) hari habituasi, peserta diasramakan saat klasikal. 2) Pelatihan Manajemen Administrasi Peradilan (dengan klasikal) Selama 7 (tujuh) hari dan peserta diasramakan. 3) Pelatihan Kepemimpinan Dasar Bela Negara (dengan klasikal) Selama 7 (tujuh) hari dan peserta diasramakan. 4) Pelatihan Orientasi PPPK (dengan klasikal) Selama 12 (dua belas) hari dan peserta diasramakan. d. Pelatihan Sistem Pengendalian Internal Dilaksanakan secara online selama 7 (tujuh) hari. e. Pelatihan Manajemen Risiko Dilaksanakan secara online selama 7 (tujuh) hari. f. Pelatihan Pengelolaan Barang Milik Negara Dilaksanakan secara online selama 7 (tujuh) hari. g. Pelatihan Pengelolaan Arsip Dinamis Dilaksanakan secara online selama 7 (tujuh) hari. |
12. |
Biaya atau Tarif |
Biaya diklat dikenakan tarif sesuai dengan Surat Keputusan tentang hal tersebut. |
13. |
Produk Pelayanan |
a. Penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan |
14. |
Penanganan Pengaduan & Saran |
a. Datang langsung |
4. Standar Pelayanan Perpustakaan Badan Litbang Diklat Kumdil
No. |
KOMPONEN |
URAIAN |
1. |
Dasar Hukum |
Peraturan Pemerintah RI No. 24 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan UU No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan |
2. |
Persyaratan |
1. Pemustaka datang langsung ke Perpustakaan; |
3. |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur |
1. Pemustaka mengisi daftar kunjungan ke perpustakaan |
4. |
Waktu Pelayanan |
Senin - Kamis = 08.00 - 16.30 WIB |
5. |
Biaya/Tarif |
Gratis |
6. |
Produk Pelayanan |
Layanan Peminjaman Pustaka |
7. |
Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan |
Pengaduan, saran dan masukan dapat disampaikan secara langsung kepada pegawai BLDK atau melalui media sebagai berikut: 1. Whatsapp ke nomor: 0852 1355 1455 |
8. |
Sarana & Prasarana, dan Fasilitas |
1. Komputer/Laptop |
9. |
Kompetensi Pelaksana |
1. Pendidikan min Diploma III |
10. |
Pengawasan Internal |
1. Dilaksanakan Ketua Tim; |
11. |
Jumlah Pelaksana |
1 Orang |
12. |
Jaminan Pelayanan |
Kepastian untuk mendapat solusi atas informasi yang dibutuhkan berdasarkan data koleksi perpustakaan |
13. |
Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan |
Perpustakaan dilengkapi dengan Standar K3 |
14. |
Evaluasi Kinerja Pelaksana |
1. Evaluasi kinerja dilakukan melalui Survei Kepuasan Masyarakat (4 kali dalam setahun); |
5. Standar Pelayanan Poliklinik Badan Litbang Diklat Kumdil
No |
KOMPONEN |
URAIAN |
1. |
Dasar Hukum |
1. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen; |
2. |
Persyaratan Pelayanan |
Pasien datang langsung ke poliklinik dengan membawa ID Pegawai atau Kartu Tanda Peserta Pelatihan. |
3. |
Sistem, Mekanisme dan Prosedur |
1. Pasien datang ke ruang klinik dan menunjukkan identitas diri; |
4. |
Waktu Pelayanan |
Setiap Hari 24 Jam |
5. |
Biaya/Tarif |
Gratis |
6. |
Produk Pelayanan |
Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan |
7. |
Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan |
Pengaduan, saran dan masukan dapat disampaikan secara langsung kepada pegawai BSDK atau melalui media sebagai berikut: 1. Whatsapp ke nomor: 0852 1355 1455 |
8. |
Sarana & Prasarana, dan Fasilitas |
1. Ruang Periksa dan tindakan |
9. |
Kompetensi Pelaksana |
1. Dokter Umum |
10. |
Pengawasan Internal |
1. Dilaksanakan Ketua Tim; |
11. |
Jumlah Pelaksana |
1. Dokter Umum 1 Orang |
12. |
Jaminan Pelayanan |
1. Adanya SOP |
13. |
Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan |
Peralatan yang digunakan secara regular dilakukan sterilisasi dan kalibrasi |
14. |
Evaluasi Kinerja Pelaksana |
Evaluasi kinerja dilakukan melalui: |