BADAN LITBANG DIKLAT HUKUM DAN PERADILAN

MAHKAMAH AGUNG RI

PENGUMUMAN

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Bidang Manajemen dan Kepemimpinan (Pusdiklat Menpim) melakukan Analisis Kebutuhan Pengembangan Kompetensi (AKPK) untuk pelatihan - pelatihan dibidang manajemen dan kepemimpinan. Batas akhir survey tanggal 31 Oktober 2019. Untuk kontak person hubungi (Benny Purwanto 0813 1072 6732)

SURVEY ONLINE

http://bit.ly/akpkmenpim2020

previous arrow
next arrow
Slider

Dokumentasi Kegiatan Badan Litbang Diklat Kumdil

Show More LOADING... NO MORE ITEMS

  

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan adalah salah satu unsur pendukung di Mahkamah Agung RI yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Ketua Mahkamah Agung RI. Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan dipimpin oleh Kepala Badan dan terdiri dari 4 unit kerja yaitu:

  1. Sekretariat,
  2. Pusdiklat Teknis Peradilan,
  3. Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan, dan
  4. Puslitbang.

Kenal Lebih Dekat 

APLIKASI INTERNAL

Alpikasi internal yang dibangun Sekretariat Badan Litbang Diklat Mahkamah Agung RI.

Kunjungan Mahasiswa Fak Hukum Univ Atmajaya Yogyakarta

Mengenai proses penyelesaian perkara di MA, apakah kasasi atau peninjauan kembali dan tugas-tugas lainnya tentu berkaitan erat dengan susunan atau struktur Mahkamah Agung. Susunan MA terdiri dari Pimpinan, Hakim Anggota, Panitera dan Sekretaris. Pimpinan terdiri dari 1 (satu) orang Ketua ; 2 (dua) orang Wakil Ketua dan beberapa Ketua Muda, Wakil Ketua bidang Yudisial membawahi beberapa Ketua Muda yaitu Ketua Muda Perdata, Ketua Muda Perdata Khusus, Ketua Muda Pidana, Ketua Muda Pidana Khusus, Ketua Muda TUN, Ketua Muda Agama, Ketua Muda Militer sedangkan Wakil Ketua Bidang Non Yudisial membawahi Ketua Muda Pengawasan dan Ketua Muda Pembinaan.

Seluruh Ketua Muda menjadi Ketua Tim yang terdiri dari Tim A, Tim B.1, Tim B.2, Tim C sampai Tim K berarti ada 12 Tim yang menentukan proses penyelesaian Perkara Kasasi dan Peninjauan Kembali dan dimasing-masing Tim dibentuk Majelis-Majelis Hakim Agung yang sangat berperan menentukan cepat lambatnya penyelesaian Perkara, juga peranan Kepaniteraan yang terdiri dari seorang Panitera, dibantu beberapa orang Panitera Muda dan Panitera Pengganti sangat menentukan dalam percepatan minutasi perkara.

Demikian disampaikan oleh Bapak Edward Haris Sinaga, SH., MH. mengenai alur perkara yang ada di Mahkamah Agung pada ceramah yang diberikan dalam kunjungan Mahasiswa Fakultas Hukum Univeuarsitas Katolik Atmajaya Yogyakarta ke Mahkamah Agung RI pada hari Selasa tanggal 28 Oktober 2008. Acara yang berlangsung di Balairung Mahkamah Agung RI ini, di hadiri oleh 135 orang Mahasiswa dan Dosen, diterima oleh Bapak Fritz John Polnaja, SH., Hakim Tinggi pada Badan Litbang Diklat Kumdil, Edward Haris Sinaga, SH., MH., dan Pri Pamdbudi, SH., MH keduanya Hakim Yustisial pada Mahkamah Agung RI.

Agenda Kegiatan Diklat

28 Oktober 2019

Bendahara Pengeluaran Angkatan II

Penyelenggara Pusdiklat Menpim

28 Oktober s/d 1 November 2019

21 Oktober 2019

Sertifikasi Calon Hakim Ad Hoc Perikanan

Penyelenggara Pansel Ad Hoc Perikanan

21 Oktober s/d 1 November 2019

14 Oktober 2019

Diklat Bendahara Pengeluaran Angkatan I

Penyelenggara Pusdiklat Menpim

14 Oktober s/d 18 Oktober 2019

22 September 2019

Diklat III PPC Terpadu Angkatan III Lingkungan Peradilan Umum dan Agama Gel. II

Penyelenggara Pusdiklat Teknis

22 September s/d 2 Nopember 2019

Kalender Kegiatan Diklat (Timetable) Tahun 2019

DOWNLOAD

Hubungi Kami

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan
Mahkamah Agung RI Kantor: Jl. Cikopo Selatan Desa Sukamaju, Kec. Megamendung
Bogor, Jawa Barat 16770 Telepon: (0251) 8249520, 8249522, 8249531, 8249539
Faks: (0251) 8249522, 8249539
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.