BADAN LITBANG DIKLAT HUKUM DAN PERADILAN

MAHKAMAH AGUNG RI

Slider

Dokumentasi Kegiatan Badan Litbang Diklat Kumdil

Show More LOADING... NO MORE ITEMS

  

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan adalah salah satu unsur pendukung di Mahkamah Agung RI yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Ketua Mahkamah Agung RI. Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan dipimpin oleh Kepala Badan dan terdiri dari 4 unit kerja yaitu:

  1. Sekretariat,
  2. Pusdiklat Teknis Peradilan,
  3. Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan, dan
  4. Puslitbang.

Kenal Lebih Dekat 

APLIKASI INTERNAL

Aplikasi internal yang dibangun Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI.

Puslitbang MA RI Gelar FGD Eksistensi Bukti Elektronik Di Semarang

Semarang.bldk.mahkamahagung.go.id. Puslitbang Hukum dan Peradilan MA RI kembali melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) di Semarang (17/03/2020) sebagai rangkaian kegiatan penelitian tentang Eksistensi Bukti Elektronik dalam Sistem Peradilan di Indonesia.

FGD dengan menghadirkan beberapa narasumber dengan pandangan dan perspektif yang berbeda-beda terkait eksistensi alat bukti elektronilk sebagai suatu alat bukti yang sah dalam proses pumbukti di peradilan.,   

Prof. Dr. Liliana Tedjosaputro, SH, MH, MM. (Guru Besar Univ. 17 Agustus Semarag) diantaranya sebagai narasumber menilai eksistensi alat bukti elektronik dari perpektif Notaris sebagai alat bukti dibawah tangan dan bukan alat bukti yang sempurna, oleh karena itu eksistensinya perlu untuk divalidasi sebagai alat bukti yang memiliki keluatan hukum mengikat agar dapat dibunakan di pengadilan.

Sementara, narasumber yang lain dari Reskrimsus Polda Jawa Tengah AKBP Agung Wibowo, menilai bahwa dalam konteks tindak pidana bahwa eksistensi alat bukti elektronik yang diajukan ke pengadilan tentunya harus diuji validasinya melalui proses digital forensik terlebih dahulu.

Diskusi kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dan bebagai masukan dari peserta FGD yang hadir baik dari kalangan hakim, Jaksa, Komisi Informasi, BNN dan lain-lain.

Tanggapan dan masukan dari peserta ini tentu memperkaya bahan dan materi penelitian yang akan dilbutuhkan dalam penyusunan naskah akhir penelitian.

Penelitian kemudian dilanjutkan dengan penyebaran kuesiioner oleh tim peneliti di beneberapa Pengadilan yang berada dalam Wilayah Pengadilan Tinggi Semarang. (IsR)

Agenda Kegiatan Diklat

Kalender Kegiatan Diklat (Timetable) Tahun 2020

UNDUH

Hubungi Kami

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan
Mahkamah Agung RI

Kantor: Jl. Cikopo Selatan Desa Sukamaju, Kec. Megamendung
Bogor, Jawa Barat 16770

Telepon: (0251) 8249520, 8249522, 8249531, 8249539
Faks: (0251) 8249522, 8249539
Surel: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.