BADAN LITBANG DIKLAT HUKUM DAN PERADILAN

MAHKAMAH AGUNG RI

Slider

Dokumentasi Kegiatan Badan Litbang Diklat Kumdil

Show More LOADING... NO MORE ITEMS

  

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan adalah salah satu unsur pendukung di Mahkamah Agung RI yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Ketua Mahkamah Agung RI. Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan dipimpin oleh Kepala Badan dan terdiri dari 4 unit kerja yaitu:

  1. Sekretariat,
  2. Pusdiklat Teknis Peradilan,
  3. Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan, dan
  4. Puslitbang.

Kenal Lebih Dekat 

APLIKASI INTERNAL

Aplikasi internal yang dibangun Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI.

Berburu Data Hingga Ujung Utara Indonesia

Manado.bldk.mahkamahagung.go.id. Waktu setempat menunjukkan pukul 10.54 wita ketika pesawat Wings Air IW 1162 mendarat di Bandar Udara Melonguane, ibu kota Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Pesawat yang ditumpangi tim peneliti naskah akademik pembentukan jabatan fingsional panitera pengganti tersebut bertolak dari bandara Samratulangi Manado sekira pukul 10.00 Wita. Sesuai time table yang telah ditetapkan dalam disain riset pengumpulan data lapangan dilakukan (19-20/03/2020)  di Kabupaten terdepan Indonesia bagian utara tersebut.

Tim Peneliti terdiri dari Budi Suharianto, SH, MH. (Koordinator) Dr. H. Mul Irawan, S.Ag.,M.Ag. (peneliti 1) Tumbur Palti Hutapea, SH.,MH. (Peneliti 2) Muh. Ridha Hakim, SH.,MH. (Peneliti 3) Hudan Isnawan, SH., M.Si (Sekretaris Penelitian) Bismo Anggoro (pengolah data). Kedatangan rombongan disambut oleh Wakil Ketua PN Melonguane Haris Budiarso, SH, M.Hum, bersama sekretaris Elisabeth Y. Mangamis, SE, Panitera Tenny P. Tambariki, SH,  beserta Panitera muda dan penitera Pengganti PN Melonguane.

Pada Pengadilan Negeri Melonguane tim peneliti melaksanakan Focus Group Discussion dengan dihadiri wakil ketua, panitera, panmud beserta panitera pengganti pn melonguane. Kegiatan diawali dengan sambutan wakil ketua yang mengapresiasi penelitian yang dilakukan puslitbang Kumdil MA RI. Dalam sambutannya wakil ketua juga mendukung penuh karena dengan menjadi jabatan fungsional sebagaimana diatur UU ASN maka akan meningkatkan profesionalisme panitera pengganti dalam mendukung pelaksanaan peradilan. Kegiatan dilanjutkan dengan paparan oleh koordinator peneliti mengenai pola karir dan arah pengaturan jabatan fungsional panitera pengganti kedepannya.

Sebelumnya pada hari Selasa dan Rabu (17-18/Maret/2020) bertempat di hotel Swissbell Manado tim peneliti telah melaksanakan Focus Group Discussion yang melibatkan Panitera Pengganti 4 lingkungan peradilan. Antusiasme peserta FGD dalam memberikan saran dan pendapat terkait pembentukan jabatan fungsional panitera pengganti menjadi bahan masukan bagi tim peneliti dalam menyusun naskah akademik. Pada kesempatan tersebut para panitera pengganti diminta mengisi kuesioner penelitian terkait bobot kerja panitera pengganti sebagai bahan penyusunan butir-butir kegiatan yang akan diajukan ke kementerian PAN-RB.

Propinsi Sulawesi Utara merupakan propinsi ke-8 yang dikunjungi oleh tim peneliti dari 12 propinsi sampel yang telah ditetapkan dalam desain penelitian. Propinsi yang telah dikunjungi adalah Jawa Barat, Aceh, Maluku, Jawa Timur, NTT, Sulawesi selatan, Sumatera Utara dan Sulawesi Utara. Adapun 4 propinsi yang belum adalah Kalimantan Timur, Sumatera Barat, Kalimantan Barat dan Papua.

Menurut Koordinator Tim Penelitian Budi Suharianto, SH, MH, bahwa kegiatan penelitian akan dihentikan sementara mengingat himbauan Sekretaris Mahkamah Agung untuk menunda kegiatan perjalanan dinas dalam menekan penyebaran COVID-19. Kegiatan akan dilanjutkan kembali setelah status penyebaran COVID-19 mereda atau sesuai instruksi lebih lanjut. (Tim Lit NAPP).

Agenda Kegiatan Diklat

Kalender Kegiatan Diklat (Timetable) Tahun 2020

UNDUH

Hubungi Kami

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan
Mahkamah Agung RI

Kantor: Jl. Cikopo Selatan Desa Sukamaju, Kec. Megamendung
Bogor, Jawa Barat 16770

Telepon: (0251) 8249520, 8249522, 8249531, 8249539
Faks: (0251) 8249522, 8249539
Surel: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.