BADAN LITBANG DIKLAT HUKUM DAN PERADILAN

MAHKAMAH AGUNG RI

Slider

Dokumentasi Kegiatan Badan Litbang Diklat Kumdil

Show More LOADING... NO MORE ITEMS

  

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan adalah salah satu unsur pendukung di Mahkamah Agung RI yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Ketua Mahkamah Agung RI. Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan dipimpin oleh Kepala Badan dan terdiri dari 4 unit kerja yaitu:

  1. Sekretariat,
  2. Pusdiklat Teknis Peradilan,
  3. Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan, dan
  4. Puslitbang.

Kenal Lebih Dekat 

APLIKASI INTERNAL

Aplikasi internal yang dibangun Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI.

Ujung Tombak Pengadilan Dari Negeri Mandau Menggelora Dalam Pembentukan Jabatan Fungsional Jurusita Pengadilan

Balikpapan.bldk.mahkamahagung.go.id- Kalimantan Timur menjadi saksi gelora Jurusita Pengadilan saat berlangsungnya diskusi kelompok terumpun (FGD) yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI pada tanggal 9 -13 Maret 2020 di Hotel Grand Jatra Balikpapan dengan tema Naskah Akademik Pembentukan Jabatan Fungsional Jurusita Pengadilan yang dihadiri oleh seluruh Jurusita pengadilan yang berada dalam wilayah Kalimantan Timur.

Zulfia Hanum Alfi Shyar, S.Pd., MM, selaku koordinator penelitian ini menyatakan bahwa para jurusita hendaknya perlu memberikan masukan yang signifikan terkait butir butir kegiatan yang nantinya akan menjadi dasar dalam pengajuan jabatan fungsional jurusita pengadilan ke Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara. Butir-butir kegiatan ini pastinya sama saja di tiap daerah karena SOP jurusita di setiap pengadilan tidak berbeda Namun, ada satu atau dua hal yang membedakan antara jurusita di setiap wilayah yang memiliki karakteristik tersendiri. Misalnya di wilayah Kalimantan Timur ada perbedaan pemberian surat tugas kepada juru sita tetapi hanya diberikan surat ijin keluar saja bila melaksanakan kegiatan pemanggilan sidang bukannya surat tugas dari pimpinan. Hal ini dapat berdampak nantinya terjadi sesuatu kepada para juru sita saat bertugas mengingat tingginya resiko keamanan dan keselamatan. Perbedaan inilah yang digali oleh para peneliti untuk memperoleh kondisi empiris para juru sita di pengadilan.

Dalam Penjelasannya Sri Gilng M.S.R.P, SH, selaku Peneliti I menjelaskan bahwa Jurusita merupakan Ujung Tombak pengadilan yang perannya tidak dapat disepelekan oleh siapapun karena Jurusita merupakan garda terdepan dalam penegakkan keadilan yang merupakan tujuan hukum itu sendiri. Oleh karena itu, para jurusita pengadilan amatlah perlu mengikuti pendidikan dan pelatihan untuk meningkatan kompetensi mereka dalam melaksanakan kegiatan jurusita. Peningkatan kompetensi ini nantinya menjadi bekal mereka untuk melaksanakan amanat putusan hakim berkekuatan hukum tetap yang eksekusinya membutuhkan peran jurusita yang tidaklah dapat dipandang sebelah mata.  “Jurusita perlu sekali mendapat pembekalan secara teknis dan non teknis dalam peningkatan kompetensinya sebagai penunjang seluruh kegiatan jurusita dari mulai pemanggilan sidang kepada para pihak sampai dengan eksekusi perdata terhadap objek eksekusi yang berkekuatan hukum tetap”tandasnya. Kompetensi itu berupa: kompetensi negosiasi, bela diri, berkendara di medan berat, membuat resume, dsb.

Acara ini juga dihadiri oleh Muhammad Zaky Albana, Peneliti II, Johanes Sekretariat penelitian , Mariyam Sugiarti, S.Sos selaku pengolah data penelitian dibantu oleh Djoko Wirawan. Acara ini dihadiri oleh 10 Jurusita Pengadilan Agama, 2 orang Jurusita Pengadilan Tata Usaha Negara dan 12 Jurusita Pengadilan Negeri

Acara ditutup pada hari Selasa tanggal 10 Maret 2020 pada pkl. 22.00 dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama sebagai dokumentasi kegiatam penelitian. Selanjutnya tim peneliti Puslitbang Kumdil akan mengunjungi beberapa Pengadilan terdekat untuk mengambil sampel penelitian yang diperlukan untuk penulisan naskah akdemik pembentukan jabatan fungsional jurusita pengadilan.(JLD)

Agenda Kegiatan Diklat

Kalender Kegiatan Diklat (Timetable) Tahun 2020

UNDUH

Hubungi Kami

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan
Mahkamah Agung RI

Kantor: Jl. Cikopo Selatan Desa Sukamaju, Kec. Megamendung
Bogor, Jawa Barat 16770

Telepon: (0251) 8249520, 8249522, 8249531, 8249539
Faks: (0251) 8249522, 8249539
Surel: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.