BADAN LITBANG DIKLAT HUKUM DAN PERADILAN

MAHKAMAH AGUNG RI

Slider

Dokumentasi Kegiatan Badan Litbang Diklat Kumdil

Show More LOADING... NO MORE ITEMS

  

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan adalah salah satu unsur pendukung di Mahkamah Agung RI yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Ketua Mahkamah Agung RI. Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan dipimpin oleh Kepala Badan dan terdiri dari 4 unit kerja yaitu:

  1. Sekretariat,
  2. Pusdiklat Teknis Peradilan,
  3. Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan, dan
  4. Puslitbang.

Kenal Lebih Dekat 

APLIKASI INTERNAL

Aplikasi internal yang dibangun Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI.

Pembelajaran Singkat Tentang Juru Sita Pajak Yang Diliputi Oleh Suasana Keakraban Antara Mahkamah Agung Dan Direktorat Jendral Pajak

Jakarta.bldk.mahkamahagung.go.id- Tim Peneliti Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI berkesempatan untuk mengunjungi Direktorat Pemeriksaan dan Penagihan, Dirjen Pajak kamis (20/02/2020) di ruang pertemuan lantai 15 Gedung Direktorat Jendral Pajak. Tim peneliti Puslitbang Mahkamah Agung RI berkesempatan berkunjung ke Dirjen Pajak setelah sebelumnya Puslitbang Kumdil Mahkamah Agung RI mengundang kepala Subdirektorat Penagihan Dirjen Pajak untuk hadir dalam Kelompok Diskusi Terumpun (13/02/2020) dengan tema Naskah Akdemik Pembentukan Jabatan Fungsional Juru sita Pengadilan.

Dalam kata pembukaanya, Zulfia Hanum Alfi Shyar, S.Pd., MM, selaku Koordinator penelitian ini menyampaikan bahwa dirinya amat senang sekali bisa disambut dengan hangat di Direktorat Pemeriksaan dan Penagihan, Dirjen Pajak. Beliau menandaskan bahwa Tim Peneliti Puslitbang Kumdil MA RI bermaksud untuk menggali tentang kemungkinan ada hal hal yang sama dalam butir butir kegiatan Juru sita Pengadilan dan Juru sita Pajak. Sehingga penyusunan naskah akademik jabatan fungsional Juru sita Pengadilan akan lebih mudah untuk digarap pada saat mendatang. Hal ini amatlah penting karena Tim peneliti Puslitbang Kumdil Mahkamah Agung RI akan segera berangkat ke 8 wilayah pengadilan tinggi yang ada di Indonesia untuk mengambil sampel penelitian terkait Jabatan Fungsional Juru sita Pengadilan., delapan wilayah itu adalah Palembang, Balikpapan, Bandung, Jakarta, Makassar, Malang, Kupang dan Denpasar. Hal ini amatlah penting untuk mendukung penelitian ini agar mencapai tujuan penelitian yang telah digariskan pada proposal penelitian.

Ahmad Furqon selaku staf pada Subdirektorat Penagihan menyatakan bahwa Dirjen Pajak sedang menyusun naskah akademik untuk jabatan fungsioanl juru sita pajak. Jabatan fungsioanl juru sita pajak tersebut akan menjadi perluasan dari jabatan fungsional pemeriksa pajak yg sudah ada. Jabatan fungsional juru sita tersebut memiliki 2 kategori yaitu keterampilan dan keahlian. Butir kegiatan dari juru sita pajak tersebut disusun berdasarkan kategori cakupan wilayah penagihan (kpp pratama, kpp madya dan kanwil). Tujuan dari dibentuknya jabatan fungsional juru sita pajak tsersebut adalah sebagai apresiasi terhadap kinerja juru sita pajak serta melaksanakan amanah presiden untuk mendukung terwujudnya fungsionalisasi pegawai negeri sipil.

Acara ini juga dihadiri oleh Zaky Albana selaku peneliti II, Johanes, Sekretariat penelitian dan  Mariyam Sugiarti, S.Sos selaku pengolah data penelitian. Turut hadir dari Subdirektorat Penagihan adalah Nalini, Cahyo Prayudi, Imam Baidowi dan Ryan Ardani Nugroho, Muhammad Ammar Faiz dan Elna Lalita hadir mewakili bagian Organisasi dan Tata Laksana. Auvika Tia Rizki hadir mewakili Subdirektorat Transformasi Organisasi.

Acara berakhir dengan sesi foto bersama kedua instansi  dan makan siang bersama. Kajian seperti ini diharapakan akan terus berlangsung untuk menghsilkan naskah akademik yang ditunggu oleh para juru sita di seluruh Indonesia.(JLD)

Agenda Kegiatan Diklat

Kalender Kegiatan Diklat (Timetable) Tahun 2020

UNDUH

Hubungi Kami

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan
Mahkamah Agung RI

Kantor: Jl. Cikopo Selatan Desa Sukamaju, Kec. Megamendung
Bogor, Jawa Barat 16770

Telepon: (0251) 8249520, 8249522, 8249531, 8249539
Faks: (0251) 8249522, 8249539
Surel: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.