BADAN LITBANG DIKLAT HUKUM DAN PERADILAN

MAHKAMAH AGUNG RI

Slider

Dokumentasi Kegiatan Badan Litbang Diklat Kumdil

Show More LOADING... NO MORE ITEMS

  

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan adalah salah satu unsur pendukung di Mahkamah Agung RI yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Ketua Mahkamah Agung RI. Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan dipimpin oleh Kepala Badan dan terdiri dari 4 unit kerja yaitu:

  1. Sekretariat,
  2. Pusdiklat Teknis Peradilan,
  3. Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan, dan
  4. Puslitbang.

Kenal Lebih Dekat 

APLIKASI INTERNAL

Aplikasi internal yang dibangun Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI.

Semangat Baru Dalam Pembentukan Jabatan Fungsional Jurusita Pengadilan Menyala Di Bumi Sriwijaya

Palembang.bldk.mahkamahagung.go.id- Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung Republik Indonesia kembali mengadakan diskusi kelompok terumpun (Focus Group Discussion) mengenai Naskah Akademik Pembentukan Jabatan Fungsional Jurusita Pengadilan yang berlangsung di hotel the Zuri, Palembang (02-03-2020) dan dihadiri oleh 39 Jurusita yang ada di wilayah hukum Sumatera Selatan.

Dalam Paparannya Zulfia Hanum Alfi Shyar, S.Pd., MM, selaku Koordinator penelitian ini menyampaikan bahwa beliau mendapat amanat dari pimpinan Mahkamah Agung untuk menghimpun data sebenar-benarnya dari para jurusita pengadilan yang ada di wilayah hukum Sumatera Selatan. Data yang dimaksud adalah berupa butir-butir kegiatan yang dilakukan oleh para jurusita dalam melakukan kegiatan penjurusitaan setiap harinya. Butir-butir kegiatan ini nantinya akan dijadikan dasar untuk mengajukan usulan pembentukan jabatan fungsional jurusita pengadilan dalam bentuk naskah akademik yang berisi seluruh rangkaian kegiatan penjurusitaan di 3 wilayah pengadilan yaitu: Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama dan Pengadilan Tata Usaha Negara. Naskah akademik ini akan diserahkan ke Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara pada bulan juni tahun ini untuk dijadikan landasan untuk mengeluarkan Permenpan terkait Jabatan Jurusita Pengadilan.

Para Jurusita yang semangatnya menyala juga diharapkan memberikan masukan tentang diklat yang harus dilaksanakan untuk memperkuat kompetensi jurusita dalam melaksanakan kegiatan penjurusitaan setiap harinya. Salah seorang Jurusita dari Pengadilan Negeri Muara Enim menyarankan agar diklat tentang kemahiran membuat resume eksekusi perlu diadakan karena pembuatan resume eksekusi merupakan salah satu keahlian yang harus dimiliki jurusita untuk meyakinkan ketua pengadilan perlu atau tidaknya  eksekusi perdata dijalankan terhadap objek sengketa yang tertera dalam putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap.

Acara ini juga dihadiri oleh Sri Gilng M.S.R.P, SH, selaku Peneliti I, Muhammad Zaky Albana, Peneliti II, Johanes Sekretariat penelitian dan Mariyam Sugiarti, S.Sos selaku pengolah data penelitian dibantu oleh Djoko Wirawan dan Bismo Anggoro dari Puslitbang Kumdil Mahkamah Agung RI. Acara ini dihadiri oleh 20 Jurusita Pengadilan Agama, 2 orang Jurusita Pengadilan Tata Usaha Negara dan 17 Jurusita Pengadilan Negeri.

Acara berakhir pada hari Selasa tanggal 3 Maret 2020 pada pkl. 22.00 dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama sebagai dokumentasi kegiatan penelitian. Selanjutnya Tim Peneliti Puslitbang akan beranjak ke pengadilan yg ada di wilayah sumatera selatan   untuk pengambilan data penelitian hingga tanggal 6 maret 2020.(JLD)

Agenda Kegiatan Diklat

Kalender Kegiatan Diklat (Timetable) Tahun 2020

UNDUH

Hubungi Kami

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan
Mahkamah Agung RI

Kantor: Jl. Cikopo Selatan Desa Sukamaju, Kec. Megamendung
Bogor, Jawa Barat 16770

Telepon: (0251) 8249520, 8249522, 8249531, 8249539
Faks: (0251) 8249522, 8249539
Surel: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.