Slider

Dokumentasi Kegiatan Badan Litbang Diklat Kumdil

Show More LOADING... NO MORE ITEMS

  

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan adalah salah satu unsur pendukung di Mahkamah Agung RI yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Ketua Mahkamah Agung RI. Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan dipimpin oleh Kepala Badan dan terdiri dari 4 unit kerja yaitu:

  1. Sekretariat,
  2. Pusdiklat Teknis Peradilan,
  3. Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan, dan
  4. Puslitbang.

Kenal Lebih Dekat 

APLIKASI INTERNAL

Aplikasi internal yang dibangun Sekretariat Badan Litbang Diklat Mahkamah Agung RI.

Seminar Penguatan Implementasi Kewenangan Mahkamah Syar'iyah dalam Penyelesaian Perkara Jinayah di Aceh

Banda Aceh (Bldk.mahkamahagung.go.id): Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Peradilan Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI telah menyelenggarakan acara seminar tentang Penguatan Implementasi Kewenagan mahkamah Syar’iyah Dalam Penyelesaian Perkara Jinaya Di Aceh pada tanggal 21 Oktober 2019 yang dilaksanakan di Hermes Palace Hotel Aceh.

Kepala Pusat Litbang Kumdil  MA RI Dr. Hasbi Hasan mengatakan dalam laporannya bahwa seminar ini dilatarbelakangi oleh terbitnya kewenangan Mahkamah Syariah dalam penyelesaian perkara Jinayah serta perluasan kewenangan mahkamah Syariah di aceh telah menjadi tonggak perubahan paradigma politik hukum nasional sehingga menjadi perhatian Mahkamah Agung khususnya Badan Litbang Diklat Kumdil dengan mengadakan penelitian mengenai kewenangan kewenangan Mahkamah Syariah dalam penyelesaian perkara jinayah di Aceh.

Acara seminar dibuka oleh Ketua Kamar Bidang Agama mahkamah Agung RI Dr. Amran Suadi, SH., M. Hum., MM yang juga menjadi narasumber dalam acara seminar tersebut. Selain itu narasumber juga hadir Prof. Dr. Al Yasa’ Abubakar, MA Guru Besar Fakultas Syariah dan hukum Universitas Islam Negeri Ar-Raniry serta dari Pemerintahan Provinsi Aceh di wakilkan oleh Kepala Dinas Bidang Syariat Islam Dr. EMK Alidar, S. Ag., M. Hum

Acara seminar dihadiri oleh lebih kurang 100 peserta yang dihadiri dari berbagai kalangan mulai dari pimpinan dan hakim Mahkamah Syariah, pimpinan lembaga hukum aceh, pimpinan Majelis Ulama Aceh, serta dari akademisi dan juga advokat.

Acara seminar diakhiri dengan pemberian cinderamata dari Ketua kamar Agama MA RI Amran Suadi berupa buku tentang Mahkamah Syariah dalam penyelesaian perkara jinayah kepada para pimpinan Mahkamah Syariah serta pemberian plakat Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI kepada para narasumber.(HY)

 

Agenda Kegiatan Diklat

14 November 2019

Diklat Sertifikasi Hakim Lingkungan Hidup

Penyelenggara Pusdiklat Teknis

18 Nopember s/d 1 Desember 2019

04 November 2019

Diklat III PPC Terpadu Angkatan III Lingkungan Peradilan Umum dan Agama Gel. III

Penyelenggara Pusdiklat Teknis

4 Nopember s/d 14 Desember 2019

Kalender Kegiatan Diklat (Timetable) Tahun 2019

DOWNLOAD

Hubungi Kami

Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan
Mahkamah Agung RI

Kantor: Jl. Cikopo Selatan Desa Sukamaju, Kec. Megamendung
Bogor, Jawa Barat 16770

Telepon: (0251) 8249520, 8249522, 8249531, 8249539
Faks: (0251) 8249522, 8249539
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.