A+ A A-

Perpustakaan Khusus Badan Litbang Diklat Kumdil

BerdasarkanSurat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : MA/SEK/07/SK/III/2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Mahkamah Agung RI, Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI merupakan Satuan Kerja pada Seketariat Mahkamah Agung RI yang melakukan fungsi Penelitian, Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan.

alt

Dalam rangka pelaksanaan tugas tersebut, Badan Litbang Diklat Kumdil didukung oleh 4 unit kerja yakni Sekretariat Badan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Peradilan, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknis Peradilan serta Pusat Pendidikan dan Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan.

Sekretariat Badan Litbang Diklat Kumdil merupakan unit yang bertanggung jawab untuk mengelola seluruh gedung dan fasilitas yang ada agar berfungsi dan berjalan sebagaimana mestinya, termasuk Perpustakaan Badan Litbang Diklat Kumdil.

altSebagai langkah awal dalam penggunaan gedung Perpustakaan sesuai TUPOKSI, maka Bagian Umum melalui Sub Bagian Tata Usaha Sekretariat Badan Litbang Diklat Kumdil, pada tahun 2009 telah mengoperasikan Perpustakaan Badan Litbang Diklat Kumdil. Dimulai dengan pengadaan koleksi buku-buku perpustakaan serta pengadaan tenaga pustakawan dan administrasi perpustakaan. Pada tahun 2010 telah menjalin kerjasama dengan tim asistensi NLRP untuk melakukan pembenahan dan pengembangan manajemen pengelolaan Perpustakaan.

Visi:

"Mendukung terwujudnya tujuan Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI melalui penyediaan dokumentasi hukum dan peradilan berbasis teknologi informasi sesuai kebutuhan pemustaka".

Misi:

  1. Perpustakaan Badan Litbang Diklat Kumdil menjadi perpustakaan referensi utama dokumentasi hukum dan peradilan di Indonesia.
  2. Mewujudkan perpustakaan Hybrida yang berbasis teknologi informatika (TI) untuk memberikan layanan prima bagi pemustaka.
  3. Mewujudkan kerjasama perpustakaan di lingkungan peradilan dalam kaitannya dengan pengembangan koleksi dan sumberdaya pengelola perpustakaan.

Koleksi Buku Perpustakaan

Buku Bahasa Indonesia: 978 Judul 2.931 eksemplar
Buku Bahasa Asing: 1.856 Judul 5.914 eksemplar
Koleksi tersebut berasal dari bantuan beberapa lembaga donor serta pengadaan sendiri. Penomoran koleksi berdasarkan pada suatu sistem yaitu Dewey Decimal Classification (DDC).

Keanggotaan

  1. altPegawai Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI
    • Pejabat Struktural Eselon I s.d. IV.
    • Pejabat Fungsional: Hakim Tinggi dan Hakim Yustisial, Peneliti, Widyaiswara.
    • Pegawai/Staf Administrasi.
    • Pegawai Tidak Tetap (PTT).
  2. Pejabat dan Staf Mahkamah Agung RI dan Peradilan di bawahnya.
  3. Peserta Pendidikan dan Pelatihan.

Layanan Perpustakaan

  • Layanan peminjaman terhadap koleksi karya umum.
  • Layanan koleksi referensi, pada koleksi bahan pustaka ini tidak dapat dipinjamkan.
  • Layanan penelusuran informasi.

Pengelola Perpustakaan
Melalui Surat Keputusan Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI No: 41A/BLD/SK/VII/2010 tanggal 15 Juli 2010 ditetapkan Penunjukan Tim Perpustakaan Khusus Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI.

Sarana dan Prasarana.
Untuk menunjang kelancaran operasionalnya, Perpustakaan Khusus Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang berupa sebuah gedung/ruang permanen 2 lantai seluas 450 M2, lemari buku, kursi dan meja baca, Sice, AC, Locker, Komputer: 8 unit dan Server: 1 unit, terkoneksi LAN, internet dan perlengkapan administrasi serta meubelair lainnya. Seluruh gedung terkoneksi jaringan WI-FI.

Sasaran Strategik
Perpustakaan Badan Litbang Diklat Kumdil berkeinginan untuk menjadi : "Pusat Referensi Umum Hukum dan Peradilan di Indonesia". Untuk mencapai tujuan tersebut, maka sasaran prioritas sampai tahun 2015, perpustakaan memiliki 15.000 judul buku hukum dan peradilan (tercetak maupun elektronik), berlangganan 10 surat kabar nasional dan lokal, 6 majalah umum dan 5 majalah profesi, berlangganan seluruh jurnal hukum terbitan Pemerintah dan Fakultas Hukum, 10 jurnal hukum berbayar, 1 jurnal hukum elektronik berbayar, dan 40 jurnal hukum elektronik gratis.

altWAKTU LAYANAN
Senin – Kamis: Pukul 09.30 WIB s/d 15.30 WIB.
Jum’at: Pukul 11.00 WIB s/d 16.00 WIB.
Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, tidak melakukan pelayanan pemustaka.

 

*Link Perpustakaan Khusus Badan Litbang Diklat Kumdil

e-Library

perpustakaan.litbangdiklatkumdil

Renstra 2010-2014

Rencana dan Strategi 2010-2014

Brosur

Brosur Badan Litbang Diklat Kumdil    Brosur Perpustakaan Khusus

Sign In