A+ A A-

Laporan Tahunan 2013 Badan Litbang Diklat Kumdil

Laporan Tahunan 2013 Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pendidikan danPelatihan Hukum dan Peradilan (Badan Litbang Diklat Kumdil) Mahkamah Agung RI merupakan bentuk pertanggung‐jawaban kinerja 2013 kepada publik, pemangku kepentingan, dan khususnya kepada Mahkamah Agung RI selaku induk organisasi-nya serta sebagai bahan dokumentasi yang bermanfaat dalam proses pembelajaran kedepandalam rangka memberikan gambaran kinerja secara komprehensif dalam proses pengembangan skill, knowledge dan attitude aparatur teknis peradilan dan pegawai negeri sipil serta penelitian dan pengembangan dibidang hukum dan peradilan guna pencapaian visi Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI.

Tahun 2013 adalah kali pertama dalam sejarah, Calon Hakim dilantik kelulusannya oleh Ketua Mahkamah Agung RI. Hal ini tentunya menjadi kebanggan tersendiri bagi Badan Litbang Diklat Kumdil mengingat reformulasi sistem pendidikan dan pelatihan calon hakim dengan pola Pendidikan dan Pelatihan Calon Hakim Terpadu sejak diluncurkan akhir tahun 2010 telah berjalan dengan baik, walaupun masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya. Upaya yang terus menerus dilakukan oleh Badan Litbang Diklat Kumdil dalam mengembangkan sistem pelatihan yang berkelanjutan semakin intens dilaksanakan. Sebut saja, pengembangan Pelatihan Hakim Berkelanjutan II dan pelatihan Panitera Berkelanjutan telah memasuki tahap uji coba atau pilot training. Pola pendidikan dan pelatihan yang berkelanjutan mengharuskan Badan Litbang Diklat Kumdil juga telah melakukan reviu terhadap pelatihan berkelanjutan berikutnya yaitu pelatihan sertifikasi (kekhususan). Pelatihan sertifikasi yang biasanya dilaksanakan selama 6 hari, kini menjadi 12 hari, mengikuti sistem pelatihan sertifikasi tipikor yang sudah tetap. (settled). Selain itu, pengembangan sistem pembelajaran jarak jauh (e-learning) sudah memasuki tahap pengenalan.

Status akreditasi A yang diperoleh Badan Litbang Diklat Kumdil untuk penyelenggaran di bidang manajemen dan kepemimpinan, tentu saja tidak membuat terlena. Namun hal ini diikuti pula dengan digelontorkannya program pelatihan yang baru seperti pelatihan LPSE, pelatihan pengawasan bagi Wakil Ketua Pengadilan Tingkat Banding serta pelatihan dibidang manajemen kediklatan.

Di bidang penelitian dan pengembangan hukum dan peradilan metode pelaksanaan penelitian pun mulai diperbaharui, pelaksanaan Focus Group Discussion terkait judul penelitian, diawal dan diakhir penelitian telah mulai diterapkan. Begitu juga dengan diterbitkannya jurnal penelitian semakin menunjukan eksistensi Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI sebagai center of Excellent.

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada pihak-pihak yang telah membantu pelaksanaan berbagai agenda kerja Badan Litbang Diklat Kumdil baik dari sisi perencanaan dan evaluasi, maupun dukungan dalam bentuk asistensi dan sharing informasi. Sepanjang tahun 2013 kami telah bekerjasama dengan beberapa instansi, seperti Bank Indonesia dalam pengembangan pengetahuan mengenai permasalahan hukum perbankan di Indonesia, Kejaksaan RI dalam pengembangan kerjasama antar instansi, lembaga donor Changes for Justice (C4J-USAID) dalam hal pengembangan Pelatihan berkelanjutan, Lembaga Administrasi Negara dalam hal pelatihan dan bimbingan penyelenggaraan diklat, serta pihak-pihak lainnya.

Akhirnya, kami menyadari bahwa Laporan Tahunan Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, segala kritik dan saran untuk perbaikan sangat kami harapkan dengan sebelumnya kamiucapkan terima kasih. Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, untuk mendukung terciptanya prinsip transparansi dan akuntabilitas di lingkungan organisasi pemerintah, terutama pada Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI.

Bogor, Januari 2014

t.t.d.

Ny. Siti Nurdjanah, SH. MH.
Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil
Mahkamah Agung RI

E-Learning


e-Library

perpustakaan.litbangdiklatkumdil

Brosur

Brosur Badan Litbang Diklat Kumdil    Brosur Perpustakaan Khusus

Sign In