A+ A A-

Monitoring Penelitian Pelaksanaan Akreditasi Penjamin Mutu Dalam Kaitannya Dengan Kepuasan Masyarakat Pengguna Layanan Pengadilan

Puslitbang Mahkamah Agung RI mengawali penelitian ditahun 2018 dengan memberangkatkan 4 (empat) tim peneliti untuk melakukan penelitian. Masing-masing tim terdiri dan seorang koordinator peneliti, peneliti 1, peneliti 2, sekretariat peneliti dan pengolah data. Sebelum tim peneliti melakukan penelitian ke wilayah yang ditentukan, sebelumnya dilaksanakan seminar proposal penelitian. Untuk memastikan pelaksanaan penelitian dilakukan sesuai program yang ditentukan, maka Kepala Puslitbang Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI menugaskan pejabat Eselon III bersama seorang staff untuk melakukan monitoring penelitian  ke salah wilayah yang menjadi lokasi penelitian. Tim Monitoring terdiri dari Esther S, SH., MH dan Magdalena, S.Kom., M.B.A  melakukan monitoring untuk penelitian di wilayah Jawa Timur, dengan topik penelitian “Pelaksanaan Akreditasi Penjamin Mutu Dalam Kaitannya Dengan Kepuasan Masyarakat Pengguna Layanan Pengadilan”. Tim peneliti terdiri dari Zulfia Hanum Alfi Syahr, S.Pd.,MM (koordinator), Muhammad Zaky Albana, S.Sos, Tumbur Palti D Hutapea, SH., MH, Susilawati Murbarani, SH, Mariyam Sugiharti. Hari Pertama Tim monitoring menuju ke Pengadilan Negeri Semarang disambut dengan Panitera Pengadilan Negeri Semarang, Bapak Muhtar, SH., MH dan Sekretaris Pengadilan Negeri Semarang, Bapak Dedi Sulaksono, SH., MM. Pada saat kunjungan ke Pengadilan Negeri Semarang, tim monitoring mendapatkan informasi dan berdiskusi tentang penyelenggaraan FGD Expert oleh Tim Peneliti Puslitbang Hukum dan Peradilan MA-RI, dimana dalam FGD Expert tersebut mengundang para pejabat dari PN Semarang. Pejabat yang diundang merasa senang dengan kunjungan tim Peneliti dari Puslitbang Kumdil MA-RI dan berharap agar kedepannya dapat berkelanjutan.

Dari Pengadilan Negeri Semarang, tim monitoring langsung melanjutkan perjalanan ke Pengadilan NegeriPati, untuk bertemu langsung dengan tim peneliti dan melihat langsung penelitian yang sedang dilaksanakan. Di Pengadilan Negeri Pati, tim monitoring dan tim peneliti diterima oleh Panmud Hukum, Bapak Bambang Purwanto, SH., MH. Tim monitoring melakukan wawancara serta meminta masukan dari bapak Panmud Hukum tentang pelaksanaan akreditasi di PN Pati. Tim peneliti membagikan kuesioner kepada masyarakat pencari keadilan untuk mengetahui tingkat kepuasan dan pendapat masyarakat tentang pelayanan pengadilan. Pada kenyataannya di Pengadilan Negeri Semarang sudah cukup bagus dan jelas dan terkendali serta tidak ada hambatan pada pelayanan terhadap masyarakat setempat.

E-Learning


e-Library

perpustakaan.litbangdiklatkumdil

Kegiatan Litbang Saat Ini

- - -

Studi Banding

Laporan Joint Study Capacity Building for Indonesia Judge II

12/04/2013

Joint-Study merupakan kerja sama Mahlkamah Agung RI dengan Pemerintah Jepang dalam rangka mencari dan menemukan...

Brosur

Brosur Badan Litbang Diklat Kumdil    Brosur Perpustakaan Khusus

Sign In