A+ A A-

FGD Proposal Penelitian Pengkajian Putusan-Putusan Tentang Pra Peradilan

Jakarta, litbangdiklatkumdil.net – Jumat , 29 April 2016, Puslitbang Kumdil mengadakan Seminar Focus Group Discussion Prosposal kegiatan penelitian yang berjudul Pengkajian Putusan-Putusan Tentang Pra Peradilan di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Jalan Jend. Ahmad Yani yang dikoordinatori oleh Hakim Yustisial MA-RI H. Santhos Wachjoe Prijambodo, SH., MH.

Salah satu proses penegakan hukum yang saat ini menjadi perhatian masyarakat, yaitu mengenai PRA PERADILAN. Keberadaan pra peradilan ini sebenarnya berguna sebagai alat introspeksi bagi aparat penegak hukum, khususnya pihak Kepolisian dan Kejaksaan di dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai lembaga yang memiliki kewenangan melakukan penyidikan dan penuntutan suatu tindak pidana. Pada saat ini, penyidikan tidak hanya dilakukan oleh pihak Kepolisian, akan tetapi juga dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang juga memiliki kewenangan untuk melakukan penuntutan.

Disparitas pada putusan pra peradilan ini membawa problematika tersendiri dalam penegakan hukum di Indonesia. Di satu sisi putusan pra peradilan yang berbeda / disparitas pidana merupakan bentuk dari diskresi hakim dalam menjatuhkan putusan, tapi di sisi lain putusan pra peradilan yang berbeda / disparitas pidana ini pun membawa ketidakpuasan bagi terpidana bahkan masyarakat pada umumnya. Muncul pula kecemburuan sosial dan juga pandangan negatif oleh masyarakat pada institusi peradilan, yang kemudian diwujudkan dalam bentuk ketidakpedulian pada penegakan hukum dalam masyarakat. Kepercayaan masyarakat pun semakin lama semakin menurun pada peradilan, sehingga terjadilah kondisi dimana peradilan tidak lagi dipercaya atau dianggap sebagai rumah keadilan bagi mereka atau dengan kata lain terjadi kegagalan dari sistem peradilan pidana. Main hakim sendiri pun menjadi sesuatu yang lebih baik dan lebih memenuhi rasa keadilan daripada mengajukan perkara mereka ke pengadilan. Keadaan ini tentu menimbulkan inkonsistensi putusan peradilan dan juga bertentangan dengan konsep rule of law yang dianut oleh Negara kita, dimana pemerintahan diselenggarakan berdasarkan hukum dan didukung dengan adanya lembaga yudikatif yakni institusi peradilan untuk menegakkan hukum, apa jadinya jika masyarakat tidak lagi percaya pada penegakan hukum di Indonesia.

Keberadaan disparitas pada putusan pra peradilan, harus mendapat perhatian serius dari Mahkamah Agung Republik Indonesia sebagai pemegang kekuasan tertinggi dalam bidang yudisial. Hal ini harus dilakukan sebab munculnya disparitas putusan pra peradilan akan menyebabkan masyarakat menjadi tidak percaya lagi kepada institusi pengadilan dan menganggap putusan pra peradilan di pengadilan dapat “dipesan” sesuai dengan keinginan pemohon pra peradilan. Menjadi tugas dari Mahkamah Agung untuk menjaga marwah badan peradilan khususnya dalam membina Hakim dalam memeriksa dan mengadili perkara permohonan pra peradilan.

Dalam presentasi Proposal Penelitian ini bertindak sebagai moderator adalah Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Budhy Hertantyo, SH., MH serta sebagai narasumber adalah Kepala Pusat Litbang Kumdil MA-RI Prof. Dr. Basuki Rekso Wibowo, SH., MS. Dalam FGD Proposal ini turut hadir peserta undangan dari usalan Koordinator yaitu Hakim Yustisial MA-RI Susilowati, SH., MH; Hakim Yustisial MA-RI Dr. Iman Lukmanul Hakim, SH., MH; Hakim Yustisial MA-RI Victor Togi, SH., MH; Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Ibnu Basuki Widodo, SH., MH; Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur Hermansyah, SH., MH; Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur Gede Ariawan, SH., MH; Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Heru Budyanto, SH., MH; Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Tamrin Tarigan, SH., MH; Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara Marlianis, SH., MH; Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara Sugeng, SH., MH; Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Karawang Nanny Ekawati Barus, SH., MH; Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Lubuk Pakam Yanti Suryani, SH., MH; Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Binjai Tira Tirtona, SH., M.Hum; Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Trenggalek Silviany S, SH., MH.

awal_pra_peradilan_1
awal_pra_peradilan_2
awal_pra_peradilan_3
awal_pra_peradilan_4
awal_pra_peradilan_5
1/5 
start stop bwd fwd

e-Library

perpustakaan.litbangdiklatkumdil

Kegiatan Litbang Saat Ini

- - -

Studi Banding

Laporan Joint Study Capacity Building for Indonesia Judge II

12/04/2013

Joint-Study merupakan kerja sama Mahlkamah Agung RI dengan Pemerintah Jepang dalam rangka mencari dan menemukan...

Brosur

Brosur Badan Litbang Diklat Kumdil    Brosur Perpustakaan Khusus

Sign In