A+ A A-

Proposal Penelitian Eksistensi Kawin Kontrak dalam Perspektif Norma dan Tuntutan Ekonomi

Jakarta, litbangdiklatkumdil.net - Rabu, 06 April 2016, Puslitbang Kumdil mengadakan Seminar Focus Group Discussion Prosposal kegiatan penelitian yang berjudul Eksistensi Kawin Kontrak dalam Perspektif Norma dan Tuntutan Ekonomi di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Jalan Jend. Ahmad Yani yang dikoordinatori oleh Ketua Pengadilan Agama Bogor Dr. Drs. H. Sirajuddin Sailelah, SH., MH.

Sebuah fenomena mengenai perkawinan di beberapa wilayah di Negara Indonesia perkawinan tersebut diloaksanakan dalam jangka waktu tertentu (kawin kontrak) dan adanya imbalan materi bagi salah satu pihak, serta ketentuan-ketentuan lain, yang diatur dalam suatu kontrak atau kesepakatan tertentu, dan hal yang menonjol adalah keuntungan dan nilai ekonomi dari adanya perkawinan tersebut. Adanya kontrak atau kesepakatan tersebut yang menyebabkan kawin kontrak berbeda dengan perkawinan pada umumnya, sehingga kawin kontrak dianggap menyimpang dari tujuan perkawinan yang mulia, karena dalam Hukum Islam kawin kontrak atau dalam istilah lain disebut nikah mut'ah tidak diperbolehlan karena melanggar aturan agama, karena sifatnya dibatasi. Kawin kontrak bertujuan hanya untuk memenuhi kebutuhan biologis saja, sedang dalam Islam perkawinan tidak hanya untuk kebutuhan duniawi saja, tetapi juga untuk akhirat. Kawin kontrak sangat bertentangan dengan Undang-Undang No.1 TAhun 1974, karena dalam kawin kontrak yang ditonjolkan hanya nilai ekonomi, dan perkawinan hanya bersifat sementara. Adanya kontrak atau kesepakatan tersebut yang menyebabkan kawin kontrak berbeda dengan perkawinan pada umumnya, karena memuat jangka waktu berakhirnya perkawinan maka perkawinan itu akan berkahir tanpa adanya putusan pengadilan, perceraian atau kematian. Sehingga kawin kontrak tidak dapat dicatat oleh kantor pencatatan sipil seperti KUA atau Catatan Sipil. Masyarakat menilai bahwa kawin kontrak dimaknai sebagai upaya melegalkan bentuk perzinahan, perselingkuhan dan upaya melepaskan diri dari tekanan kemiskinan.

Dalam presentasi Proposal Penelitian ini bertindak sebagai narasumber adalah Dosen Muhammadiyah Jakarta Lukmanul Hakim, Phd dan moderator adalah Peneliti Madya Puslitbang Kumdil MA RI Moch. Iqbal, SH., MH. Dalam FGD Proposal ini turut hadir peserta undangan dari usalan Koordinator yaitu Hakim Tinggi Balitbang Diklat Kumdil MA RI Drs. Yasardin, SH., MH; Hakim Tinggi Balitbang Diklat Kumdil MA RI Drs. H. Sutomo, SH., MH; Ketua Pengadilan Agama Jakarta Timur Drs. M. Yasya, SH., MH; Wakil Ketua PN Purwakarta Tenri Muslinda, SH., MH; Hakim Yustisial MA RI Drs. H. Buang Yusuf, SH., MH; Hakim Yustisial MA RI Dr. Fauzi Ardi, SH., MH; Hakim PN Trenggalek Silviany, SH., MH; Hakim PN Bogor Efridayanti, SH., MH; Hakim PN Karawang Nenny Ekawaty Barus, SH., MH; Hakim PN Lubuk Pakam Yanti Suryani, SH., MH; Hakim PN Binjai Tita Tirtona, SH., M.Hum; Hakim PA Jakarta Selatan Dr. Drs. Rusydi Tahir, SH., MH; Hakim PA Jember Drs. Siddiki, SH., MH.

awal_eksistensi_kawin_kontrak_1
awal_eksistensi_kawin_kontrak_2
awal_eksistensi_kawin_kontrak_3
awal_eksistensi_kawin_kontrak_4
awal_eksistensi_kawin_kontrak_5
awal_eksistensi_kawin_kontrak_6
1/6 
start stop bwd fwd

 

E-Learning


e-Library

perpustakaan.litbangdiklatkumdil

Kegiatan Litbang Saat Ini

- - -

Studi Banding

Laporan Joint Study Capacity Building for Indonesia Judge II

12/04/2013

Joint-Study merupakan kerja sama Mahlkamah Agung RI dengan Pemerintah Jepang dalam rangka mencari dan menemukan...

Brosur

Brosur Badan Litbang Diklat Kumdil    Brosur Perpustakaan Khusus

Sign In