A+ A A-

Proposal Penelitian Pengkajian Putusan-putusan Pengadilan Tentang Pidana Lingkungan Hidup

Jakarta, litbangdiklatkumdil.net - Selasa, 29 Maret 2016, Puslitbang Kumdil mengadakan Seminar Focus Group Discussion Prosposal kegiatan penelitian yang berjudul Pengkajian Putusan-Putusan Pengadilan Tentang Pidana Lingkungan Hidup di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Jalan Jend. Ahmad Yani yang dikoordinatori oleh Ketua Pengadilan Negeri Pamekasan Bambang Heri Mulyono, SH., MH.

Penegakan hukum lingkungan hidup memiliki karakteristik khusus karena nuansa scientific-nya sangat kental sehingga diperlukan ahli yang mampu menerjemahkan scientific evidence menjadi legal evidence, khususnya ketika sudah masuk proses peradilan. Pentingnya scientific evidence dalam proses pembuktian perkara lingkungan hidup, membuka peluang banyaknya variasi hasil penelitan sebagai alat bukti yang diajukan kedua belah pihak di pengadilan dengan kepentingan yang berbeda, serta keterbatasan pengetahuan hakim dalam menganalisis data ilmiah akan menjadi titik awal ketidakadilan ekologis. Hakim seperti halnya manusia pada umumnya, dalam membuat suatu putusan sangat dipengaruhi oleh variabel lainnya yang berkembang di masyarakat mulai dari ekonomi, politik, sosial budaya hingga adanya opini publik yang berkembang. Aparat hukum dalam kondisi seperti ini dituntuk untuk dapat berfikir progresif dan melepaskan diri dari pemikiran rasionalitas sederhana semata yang berlindung dibalik keterbatasan pemahaman terhadap ilmu lingkungan. Perkara lingkungan hidup dan sumber daya alam perlu ditangani secara khusus oleh institusi pengadilan yang memahami urgensi perlindungan lingkungan hidup dan sumber deaya alam, oleh karena itu eksistensi dari peradilan khusus bidang lingkungan hidup menjadi penting. Merujuk pada konsep beberapa negara yang telah menerapkan green bench, konsep pengadilan lingkungan di Indonesia telah dirintis mulai dari sertifikasi hakim hingga kajian proyeksi pengadilan khusus lingkungan hidup di Indonesia.

Dalam presentasi Proposal Penelitian ini bertindak sebagai moderator adalah Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Peradilan MA RI Prof. Basuki Rekso W, SH., MS. Dalam FGD Proposal ini turut hadir peserta undangan dari usalan Koordinator yaitu Hakim Tinggi Balitbang Diklat Kumdil MA RI F. Willem Saija, SH., MH; Hakim Tinggi Balitbang Diklat Kumdil MA RI Bettina Yahya, SH., MH; Wakil Ketua PN Depok Budi Prasetyo, SH., MH; Hakim Yustisial MA RI R. Heru Wibowo Sukaten, SH., MH; Hakim Yustisial MA RI Arman Suryaputra, SH., MH; Staff Ahli DPR RI Maharani Siti Sophia, SH., MH.

awal_sert_hakim_ling_1
awal_sert_hakim_ling_2
awal_sert_hakim_ling_3
awal_sert_hakim_ling_4
awal_sert_hakim_ling_5
1/5 
start stop bwd fwd

e-Library

perpustakaan.litbangdiklatkumdil

Kegiatan Litbang Saat Ini

- - -

Studi Banding

Laporan Joint Study Capacity Building for Indonesia Judge II

12/04/2013

Joint-Study merupakan kerja sama Mahlkamah Agung RI dengan Pemerintah Jepang dalam rangka mencari dan menemukan...

Brosur

Brosur Badan Litbang Diklat Kumdil    Brosur Perpustakaan Khusus

Sign In