A+ A A-

Seminar Kekayaan Intelektual

Rabu, 16 MEI 2018 - HOTEL GRAND MERCURE - JAKARTA

 

Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI menyelenggarakan “Seminar Kekayaan Intelektual” dengan Narasumber dari Japan Internasional Coorporation Agency (JICA) dan Hakim Tinggi Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI. Seminar ini merupakan bagian dalam Kegiatan Tahunan Puslitbang, yang tercantum dalam DIPA Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI, tahun anggaran 2018.

 “Seminar Kekayaan Intelektual” ini diikuti kurang lebih 100 orang hakim yang berasal dari para asisten Hakim Agung serta hakim dari Pengadilan Negeri Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cibinong dengan harapan dapat menambah wawasan dan pengetahuan terkait dengan masalah hukum kekayaan intelektual dalam rangka untuk menjalankan tugas sebagai hakim di lingkungan pengadilan masing masing.

 

 

 “Seminar Kekayaan Intelektual” dimulai pada pukul 09.30, dan diawali dengan pembacaan Laporan Kegiatan oleh Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI, Bapak Dr. Zarof Ricar, S.H., S.Sos., M.Hum. Dalam laporannya, Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI menyampaikan bahwa dalam menetapkan topik seminar tersebut didasarkan pada kajian mendalam tentang adanya kebutuhan pengayaan informasi dan pengetahuan di kalangan hakim sehubungan dengan  terjadinya  dinamika perkembangan yang berlangsung demikian pesat di bidang kekayaan intelektual beserta berbagai permasalahan hukum yang menyertainya. Kemudian Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI menyampaikan bahwa pada saat ini sudah cukup banyak kasus yang menyangkut masalah kekayaan intelektual diajukan ke pengadilan, antara lain yang menyangkut sengketa merek, cipta, paten, desain industry,  dan lain sebagainya.  Telah banyak putusan yang dijatuhkan pengadilan dengan segala variasinya. Berkenaan dengan hal tersebut diperlukan pemahaman yang jernih dan utuh di kalangan para  hakim terhadap permasalahan hukum yang menyangkut hukum kekayaan intelektual.

 

Dalam sambutannya Mr. Hiroyuki Ito, Deputy Director Of International Coorporation Departemen, Japan, mengucapkan terimakasih kepada Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI yang telah menyelenggarakan seminar ini

 

Seminar dibuka oleh Yang Mulia Ketua Kamar Pembinaan Mahkamah Agung RI, Bapak. Prof. Dr. Takdir Rahmadi, S.H., L.LM. Dalam pesannya Ketua Kamar Pembinaan MA RI, menyampaikan bahwa topik ini sangat erat hubungannya dengan posisi Indonesia di World Bank terkait indeks kemudahan berusaha. Presiden Joko Widodo mengharapkan posisi Indonesia bisa terus naik dan bersaing dengan negara lain. Oleh karena itu MA RI juga diberkan amanat dari Presiden Jokowi untuk bisa memberikan kepastian hukum kepada pihak yang bersengkata. Setiap hakim harus bisa memberikan persepsi yang sama terkait jenis perkara yang sama, seperti pada topik seminar ini yaitu Kekayaan Intelektual. Dan nanti pada akhirnya Pengadilan bisa memberikan rasa keadilan kepada masyarakat pencari keadilan, dimana sesuai dengan visi misi Mahkamah Agung RI, yaitu mewujudkan Peradilan Yang Agung.

 Narasumber dalam Seminar dengan topik Kekayaan Intelektual ini yaitu:

  1. Yumi Umemoto, Professor, Goverment Attoney Internasional Coorporation Departement Research and Trainning Institute Ministry Of Justice, Japan dengan materi “Summary Of General Intellectual Property Right”
  2. Yugo Ishigami, Chief Advisor On Tranning of Judges and Enchancement of IPR Enforcement, dengan materi “Summary Of Spesifics Intellectual Property Right”
  3. Ibu Elyta Ginting, S.H., M.H, Hakim Tinggi pada Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI, dengan materi “Paten

 

sedangkan sebagai Sebagai Moderator, yaitu:

  1. Yang Mulia I Gusti Agung Sumanatha, S.H., M.H, Hakim Agung MA RI
  2. Ibu Rahmi Mulyati, S.H., M.H, Paniter Muda Perdata Khusus MA RI
  3. Bapak, Agus Subroto, S.H., M.H, Kepala Pusdiklat Teknis Peradilan MA RI

Diskusi berjalan dengan menarik, dengan rangkaian tanya jawab antara Peserta dan Narasumber, hingga pada akhirnya acara ditutup pada pukul 15.00, oleh Kepala Pusdiklat Teknis Peradilan, Bapak Agus Subroto, S.H., M.H dengan harapan hasil Seminar Kekayaan Intelektual ini bisa memberikan manfaat dalam hal pengetahuan dan pengembangan SDM para Hakim.

Penelitian Tentang Pelaksanaan Akreditasi Dalam Kaitannya Dengan Kepuasan Masyarakat Pengguna Layanan Pengadilan Negeri

Program Akreditasi Penjamin Mutu yang telah digagas oleh Badan Peradilan Umum sejak tahun 2015 telah membawa banyak perubahan dalam hal sistem manajemen mutu layanan pengadilan. Perbaikan layanan pengadilan tersebut dirumuskan dalam tujuh kriteria penilaian Akreditasi Penjamin Mutu yang ditetapkan oleh Badilum. Tujuh kriteria tersebut meliputi: kepemimpinan, perencanaan strategis, fokus pelanggan, manajemen proses, sistem dokumentasi, manajemen sumber daya dan hasil kinerja. Penjelasan rinci mengenai apa saja yang perlu dilakukan oleh setiap stakeholder pengadilan negeri untuk melaksanakan akreditasi telah termuat dalam “Buku Pedoman Praktis Akreditasi Penjaminan Mutu Badan Peradilan Umum”dan telah dibentuk tim khusus untuk menilai akreditasi pengadilan yang ditetapkan dengan Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor: 1385a/DJU/SK/OT.01.3/09/2016.

Selama kurun waktu sejak dimulainya program akreditasi penjamin mutu oleh Badan Peradilan Umum hingga saat ini, perlu dilakukan suatu review terkait program tersebut. Review ini dilakukan melalui penelitian untuk melihat proses nyata yang dilakukan oleh stakeholder pengadilan dan respon masyarakat pencari keadilan yang menggunakan layanan pengadilan. Dari hasil penelitian, akan dapat terlihat hal apa saja yang menjadi keunggulan maupun kekurangan dalam pelaksanaan program akreditasi tersebut. Serta, respon masyarakat terhadap perubahan manajemen mutu layanan pengadilan dapat dilihat melalui survei kepuasan masyarakat yang dikembangkan oleh tim penelitian. 

Tim penelitian dari Puslitbang sendiri dikoordinatori oleh Ibu Zulfia Hanum Alfi Syahr, S.Pd., M.M., dengan didukung oleh peneliti Bapak Tumbur Palti D. Hutapea, S.H., M.H. dan Bapak Muhamad Zaky Albana, S.Sos. Selain itu juga dibantu oleh tim sekretariat penelitian, Bapak Johanes, S.S., Ibu Bintang Alvita W., S.S., dan Ibu Susilawati Murbarani, S.H. Serta tim pengolah data, Ibu Mariyam Sugiarti, S.Sos. dan Bapak Bismo Anggoro. Penelitian topik ini dilakukan di 3 daerah atas dasar Surat Tugas dari Prof. Dr. Basuki Rekso Wibowo, S.H., M.S. Dengan nomor ST: 171/Bld.2/Lit/ST/3/2018 untuk Provinsi Jawa Tengah (2-6 April 2018), ST Nomor: 178/Bld.2/Lit/ST/3/2018 untuk Provinsi Jawa Timur (9-13 April 2018) dan ST Nomor: 205/Bld.2/Lit/ST/3/2018 untuk Provinsi Sulawesi Selatan (16-20 April 2018).

 

E-Learning


e-Library

perpustakaan.litbangdiklatkumdil

Kegiatan Litbang Saat Ini

- - -

Studi Banding

Laporan Joint Study Capacity Building for Indonesia Judge II

12/04/2013

Joint-Study merupakan kerja sama Mahlkamah Agung RI dengan Pemerintah Jepang dalam rangka mencari dan menemukan...

Brosur

Brosur Badan Litbang Diklat Kumdil    Brosur Perpustakaan Khusus

Sign In