A+ A A-

Mewujudkan SDM Harapan Publik

Bogor, litbangdiklatkumdil.net – Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI, yang mempunyai tugas dan fungsi untuk melaksanakan, mengkoordinasikan, membina pendidikan dan pelatihan administrasi peradilan kepada Tenaga Administrasi Peradilan yang berhubungan dengan penjenjangan pangkat dan jabatan dapat menyelenggarakan kegiatan Diklat Manajemen bagi Pimpinan Pengadilan Angkatan X dan Diklat Sekretaris Pengadilan Angkatan  XI  yang diselenggarakan selama 11 hari mulai dari tanggal  9  s.d  20 Mei 2016, serta Diklat Keterbukaan Informasi Pengadilan (KIP) Angkatan IV yang diselenggarakan selama 5 hari mulai dari tanggal  9  s.d  13 Mei 2016 di Kampus Badan Litbang Diklat Kumdil MA – RI, dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil yang diwakili Sekretaris Badan Litbang Diklat Kumdil MA-RI, Hj. Sumarni Marzuki, SH., MH didampingi Kepala Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Badan Litbang Diklat Kumdil, Dr. Tin Zuraida, SH., M.Kn, Kepala Bidang Penyelenggaraan Diklat Pusdiklat Menpim, Edi Yulianto, SH., MH dan Kepala Bidang Program dan Kerjasama, H. Abdul Manan, SH., MH, pada hari Senin, tanggal 09 Mei 2016 di Gedung Auditorium Badan Litbang Diklat Kumdil MA-RI, Kecamatan Megamendung, Kab. Bogor – Jawa Barat.

Kepala Badan dalam sambutannya yang diwakili oleh diwakili Sekretaris Badan Litbang Diklat Kumdil MA-RI menyampaiakan bahwa Seiring dengan tumbuhnya demokrasi, Hak Asasi Manusia dan hak-hak masyarakat atas pelayanan publik, kita tidak dapat memenuhi keinginan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang prima. Oleh karena itu, Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan berkewajiban untuk mewujudkan SDM yang dapat memberikan harapan publik dan mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat.

Salah satu cara merespon secara positif perubahan yang terjadi adalah dengan melakukan pembelajaran, melalui pendidikan dan pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan. Kami berharap kiranya peserta menyiapkan diri untuk mengikuti pelatihan ini dengan baik dan sungguh-sungguh  demi terwujudnya Mahkamah Agung Republik Indonesia yang berwibawa, dihormati dan menjadikan Badan Peradilan yang Agung, karena bapak dan Ibu adalah orang-orang yang terpilih, untuk mengikuti pembelajaran dalam upaya meningkatkan pemahaman dan keterampilan sumber daya manusia yang bertugas di lingkungan Pengadilan.

Sementara itu, Kepala Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan MA-RI dalam Laporannya menjelaskan bahwa Tujuan Penyelenggaraan Diklat “Manajemen” bagi Pimpinan Pengadilan Tingkat Pertama yaitu :

  1. Meningkatkan pengetahuan,  keahlian, keterampilan, pembentukan sikap dalam melaksanakan tugas dan fungsi yang dilandasi oleh semangat pembaharuan, kepribadian, moral dan etika sebagai  pimpinan pengadilan;
  2. Juga merupakan Diklat Mindsetting Pimpinan Pengadilan sebagai agen perubahan untuk mendukung Reformasi Birokrasi;
  3. Serta Memantapkan Visi dan Misi Lembaga dalam pengelolaan Pengadilan serta dinamika berfikir dalam melaksanakan tugas non yudisial untuk terwujudnya Pengadilan yang profesional bermartabat dan dihormati.

Sedangkan Diklat Sekretaris Pengadilan Tingkat Pertama ini   bertujuan untuk :

  1. Meningkatkan  pengetahuan,  keahlian, keterampilan, pembentukan sikap dalam melaksanakan tugas dan fungsi Manajemen yang dilandasi oleh semangat pembaharuan, kepribadian, moral dan etika sebagai  Sekretaris pengadilan;
  2. Memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pelayanan prima oleh organisasi kepada masyarakat;
  1. Memantapkan Visi dan Misi Kesekretariatan Pengadilan serta dinamika berfikir dalam melaksanakan tugas non yudisial untuk terwujudnya Pengadilan yang profesional bermartabat dan dihormati.

Dan Tujuan Diklat Keterbukaan Informasi Pengadilan (KIP) yaitu :

  1. Meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam tata cara pelayanan informasi publik dan kemampuan berbicara di depan publik secara professional;
  2. Memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorietansi pada pelayanan masyarakat;
  1. Memantapkan kesamaan Visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas aparat pengadilan untuk mendukung terciptanya Badan Peradilan yang Agung.

Untuk peserta Diklat Pimpinan Pengadilan ini diikuti oleh 35  (tiga puluh lima) peserta, Diklat Sekretaris Pengadilan ini diikuti oleh 35  (tiga puluh lima) peserta dan Diklat Keterbukaan Informasi Pengadilan (KIP) ini diikuti oleh 40  (empat puluh) peserta.

Mengacu kepada tujuan dan sasaran Diklat Pimpinan Pengadilan dan Diklat Sekretaris Pengadilan ini, maka metode diklat yang tepat dalam proses Pembelajaran adalah Metode andragogi, dalam hal ini peserta dimotivasi agar berpartisipasi secara aktif, dengan saling asah, saling asih dan saling asuh dalam bentuk bertukar pengalaman, wawasan, diskusi, permainan-permainan peran di antara sesama peserta.

Proses Evaluasi kegiatan ini dilakukan  terhadap  Widyaiswara/Fasilitator dan terhadap Penyelenggaraan Diklat, Sedangkan Proses Evaluasi/Penilaian kegiatan belajar-mengajar Terhadap Peserta dalam diklat ini, dilakukan berdasarkan pendekatan Aspek  Akademis  30 %,   Aspek sikap perilaku kepemimpinan 40 % dan Aspek kualitas proyek Perubahan 30 %  yang  akan  diimplementasikan  oleh  para  peserta pada Satkernya masing-masing dan dalam tempo 45 hari setelah kegiatan Diklat ini selesai, para peserta sudah menyerahkan laporan Implementasi Proyek Perubahan kepada Kepala Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung untuk dikoreksi. Dari hasil Laporan Implementasi Proyek Perubahan tersebut sebagai syarat untuk mendapatkan Sertifikat “Diklat Manajemen bagi Pimpinan Pengadilan Tingkat Pertama” dan “Diklat Manajemen bagi Sekretaris Pengadilan Tingkat Pertama”, yang diasuh oleh tenaga pengajar/narasumber widyaiswara, Pejabat Struktural Mahkamah Agung RI dan narasumber yang berkompeten lainnya. (fan)

 

a
b
c
d
e
f
g
1/7 
start stop bwd fwd

E-Learning


e-Library

perpustakaan.litbangdiklatkumdil

Materi Diklat Menpim

Pra Jabatan
Pra Jabatan
Pra Jabatan
Pra Jabatan

Kegiatan Diklat Menpim Saat Ini

- - -

Brosur

Brosur Badan Litbang Diklat Kumdil    Brosur Perpustakaan Khusus

Sign In