A+ A A-

Menteri PAN RB: Lulusan Diklat PIM Motor Penggerak Organisasi

BOGOR - “Saat ini tantangan birokrasi dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan pembangunan sudah semakin kompleks, oleh sebab itu para lulusan  diklat PIM harus menjadi motor penggerak perubahan bagi organisasinya.” Hal tersebut disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur saat penutupan Diklat Kepimpinan (Diklat PIM) Tingkat II Angkatan I Mahkamah Agung RI di Bogor, Jumat (16/12).

Menteri PAN RB berharap para lulusan Diklat PIM selalu membuat inovasi agar kedepan birokrasi pelayanannya tidak kalah dari swasta dimana ada kepastian pelayanan dan kenyamanan. Oleh karena itu ASN harus mempunyai jiwa hospitality dan entrepreneurship sehingga tidak mengedepankan kekuasaan dan model-model birokrasi lama.

Pada kesempatan yang sama Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto menuturkan bahwa model pelatihan dan pengembangan kapasitas untuk pimpinan telah menelurkan banyak inovasi. Oleh karena itu “sebarkan virus-virus inovasi hingga tumbuh ribuan dan jutaan pemikiran serta terobosan sehingga keinginan dan cita-cita pemerintah untuk membangun world class bureaucracy tidaklah merupakan khayalan dan mimpi belaka, namun betul-betul bisa kita wujudkan,” ujarnya.

Selain itu Hakim Agung Bapak IG Agung Sumanatha yang turut hadir mewakili Ketua Mahkamah Agung RI juga menyampaikan bahwa Diklat PIM II merupakan program yang strategis dan essential bagi bangsa dan negara, yang secara langsung maupun tidak langsung merupakan Implementasi dari visi dan misi Mahkamah Agung dalam rangka mewujudkan Badan Peradilan yang Agung.

Kemudian dalam laporannya Kepala Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan (MENPIM) Tin Zuraida menyatakan tujuan diselenggarakannya Diklat PIM II yaitu untuk membekali para peserta dengan kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin strategis sehingga dapat berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi pemerintahan di unit kerjanya masing-masing. Adapun peserta yang mengikuti Diklat PIM II berjumlah 58 peserta yang terdiri dari Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya sebanyak 51 peserta, Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 2 peserta dan Kepolisian RI sebanyak 5 peserta.

Diklat PIM II ditutup oleh Menteri PAN RB Asman Abnur dengan dihadiri Hakim Agung Bapak IG Agung Sumanatha, Kepala LAN Adi Suryanto, dan Kepala Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Tin Zuraida serta para Pejabat Mahkamah Agung RI.

_DSC1677
_DSC1694
_DSC1730
_DSC1753
_DSC1756
IMG_6942
IMG_6966
IMG_6980
IMG_7039
IMG_7044
IMG_7046
01/11 
start stop bwd fwd

Dalam Rangka Menyongsong Sertifikasi Bagi Tenaga Bendahara Pengeluaran

Makassar, litbangdiklatkumdil.net – Senin 5 Desember 2016. Seiring dengan tumbuhnya hak-hak masyarakat atas pelayanan publik dan transparansi, kita tidak dapat menghindarkan diri dari keinginan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang prima. Oleh karena itu, Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan berkewajiban untuk mewujudkan SDM yang dapat memberikan harapan publik dan mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat.

Salah satu cara merespon secara positif perubahan yang terjadi adalah dengan melakukan pembelajaran, melalui pendidikan dan pelatihan  Bendahara Pengeluaran ini.

Penyelenggaraan Diklat Bendahara Pengeluaran didasari oleh adanya kebutuhan tenaga pengelola keuangan negara, khususnya bendahara pengeluaran, yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang baik dalam melaksanakan, menatausahakan, dan mempertanggung jawabkan pengeluaran DIPA satuan kerja.

Dengan adanya diklat ini diharapkan bendahara pengeluaran mampu untuk mengelola pengeluaran DIPA di unit kerja masing-masing sesuai dengan peraturan  yang berlaku. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Bapak  Dr. H. Mahmud Rahimi, SH, MH mewakili Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI.

Dalam laporan penyelenggaraan Pusdiklat Manajemen dan Kememimpinan yang disampaikan oleh Kepala Sub Bidang Pengajaran Bapak Jamaluddin, SE, MM. Menyampaikan bahwa latar belakang kegiatan Diklat Bendahara sesuai dengan peraturan Kementerian Keuangan RI No. 17 tahun 2013 tentang keuangan negara. Diklat ini diselenggarakan di Balai Diklat Keuangan Makassar Jl. Urip Sumoharjo Km. 4 Makassar mulai tanggal 5 Desember 2016 sampai 9 Desember 2016. Jumlah peserta diklat sebanyak 34 orang.

 

IMG_6957
IMG_6970
IMG_6991
IMG_7008
IMG_7023
IMG_7027
1/6 
start stop bwd fwd

e-Library

perpustakaan.litbangdiklatkumdil

Materi Diklat Menpim

Pra Jabatan
Pra Jabatan
Pra Jabatan
Pra Jabatan

Kegiatan Diklat Menpim Saat Ini

- - -

Brosur

Brosur Badan Litbang Diklat Kumdil    Brosur Perpustakaan Khusus

Sign In