Pelantikan Pejabat Pengawas Badan Litbang Diklat Kumdil

Megamendung, bldk.mahkamahagung.go.id - Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI Bambang H. Mulyono, S.H., M.H. melantik para pejabat pengawas pada Jumat, 11 Nopember 2022. Acara berlangsung di Auditorium Badan Litbang Diklat Kumdil, dihadiri para pejabat Eselon II, pejabat Eselon III dan IV, Hakim Tinggi dan Yustisial, serta pejabat fungsional di lingkungan Badan Litbang Diklat Kumdil.

Berdasarkan Keputusan Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Pendidikan Dan Pelatihan Hukum Dan Peradilan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor: 195/BLD/SK/X/2022 Tentang Promosi Dan Mutasi Pejabat Struktural Eselon IV di Lingkungan Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Pendidikan Dan Pelatihan Hukum Dan Peradilan, pejabat pengawas yang dilantik terdiri dari Kepala Subbagian Perencanaan Sekretariat Henri Setiawan, A.Md., Kepala Subbidang Fasilitas Pusdiklat Teknis Peradilan Suwaryo, S.H., M.M. dan Kepala Subbidang Program dan Kerjasama Pusdiklat Teknis Peradilan Taufikurrahman, A.Md. 

Pelantikan berlangsung di hadapan Rohaniwan dari Kanwil Kementerian Agama Jawa Barat, dan disaksikan oleh para saksi yang ditunjuk. Setelah pengucapan sumpah, acara dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pelantikan oleh pejabat yang dilantik serta Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil dan para saksi. Prosesi pelantikan yang berlangsung sejak pukul 10.00 WIB tersebut diakhiri dengan foto bersama dan ramah tamah.

Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI Jalin Kerjasama dengan UNHCR

Megamendung, bldk.mahkamahagung.go.id – Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI kedatangan Komisioner Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi (UNHCR). Kedatangan UNHCR ke Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI bertujuan untuk menjalin kerjasama mengadakan FGD untuk perlindungan pencari suaka, pengungsi dan orang-orang tanpa kewarganegaraan di Indonesia. Sebagai bagian dari PBB, UNHCR berkewajiban untuk memberikan perlindungan dan membantu para pengungsi dengan memberikan solusi jangka panjang terkait keberlangsungan hidup mereka.

“UNHCR baru pertama kali mengadakan kerja sama dengan peradilan. Kami berharap dapat berkolaborasi, berdiskusi dan menerima masukan terkait tugas-tugas kami membantu pemerintah Indonesia mengurusi pengungsi dan pencari suaka internasional yang transit di Indonesia”, Ungkap Julia Zajkowski Senior Protection Officer UNHCR

Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI Bambang H Mulyono, S.H., M.H.  menyambut baik terkait ide-ide yang disampaikan UNHCR dan berharap hasil workshop nanti bisa ditindaklanjuti dalam bentuk riset mengenai permasalahan-permasalahan pengungsi, maupun ditindaklanjuti dengan mengadakan pelatihan, workshop atau FGD tersebut sebagai Training Need Analys.

Hadiri Wisuda PPC Militer Angkatan III, Ketua MA Harapkan Integritas Jadi Nomor Satu

Megamendung, bldk.mahkamahagung.go.id - Ketua Mahkamah Agung RI (Ketua MA) Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. menghadiri wisuda kelulusan Program dan Pelatihan Calon Hakim Terpadu Lingkungan Peradilan Militer Angkatan III, Rabu (12/10). Dalam kesempatan tersebut, Ketua MA mengharapkan kepada 26 lulusan agar integritas tetap menjadi nomor satu. 

Program dan Pelatihan Calon Hakim Terpadu merupakan tahapan awal yang harus dijalani sebelum diangkat menjadi hakim, berdasarkan keputusan surat Ketua Mahkamah Agung RI No 169/KMA/X/2010 yang telah diperbarui dengan surat keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No 133/KMA/SK/VI/2018 tentang penetapan dan pelaksanaan Program Pendidikan dan Pelatihan Calon Hakim Terpadu.

Pendidikan yang didapatkan oleh calon hakim memang menjadi modal dasar untuk diangkat dan ditetapkan sebagai hakim. Tetapi sesungguhnya itu hanya ilmu pemula, sesungguhanya ilmu-ilmu itu akan didapat ketika melakukan praktek peradilan itu sendiri. Karena hukum ini terus berkembang, kasus itu terus berkembang sementara peraturan yang ada itu adalah huruf-huruf mati yang tidak bisa berbicara apa-apa. Tanpa penjelasan nalar dan pertimbangan dari hakim ini lah yang dituntut kepada saudara semua calon hakim yang akan melaksanakan tugas memimpin persidangan dan mengadili perkara.

"Ini menjadi modal tetapi tidak boleh berhenti sampai disini, ini hanya modal dasar saja. Anda semua harus terus belajar dan tidak pernah berhenti belajar. Bila ada kesempatan lanjutkan dengan pendidikan-pendidikan yang tinggi", Ungkap Ketua MA.

Berita Duka Cita

Keluarga besar Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI menyampaikan turut berduka cita atas berpulangnya Bp. Andre Tatengkeng, Kasubbag Perencanaan Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI pada hari Kamis, 6 Oktober 2022 Pukul 20.09 WIB di RS Pusat Otak Nasional Jakarta.

Rumah Duka:
Jl. Rawajati Barat II No. 10 RT 04 RW 10
Kalibata Timur

 

Semoga mendapatkan tempat yang terbaik di sisi-Nya, keluarga yangg ditinggalkan diberi ketabahan. Aamiin

Badan Litbang Diklat Kumdil Terima Kunjangan President Hoge Raad Der Nederlanden

Megamendung, bldk.mahkamahagung.go.id - President Hoge Raad Der Nederlanden, Dineke De Groot melakukan kunjungan ke Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI, Jumat (30/09). Pertemuan yang berlangsung di ruang transit Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI diterima langsung oleh Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil Bambang H. Mulyono, S.H., M.H.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI didampingi oleh Sekretaris Badan Edi Yulianto, S.H., M.H., Kapusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Edward T.H. Simarmata, S.H., L.L.M., M.T.L. beserta pejabat struktural pada Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI, sementara President Hoge Raad Der Nederlanden Dineke De Groot didampingi oleh Hakim Agung Kamar Pidana Annelies Rottgering, Panitera Hoge Raad Hans J. Strom, Asisten President Hoge Raad Aafke Woller Van Welie.

Selain melakukan kunjungan, President Hoge Raad Der Nederlanden juga memberikan ceramah umum mengenai "Peran Pengadilan dalam Perlindungan HAM dan Tegaknya Rule Of Law" kepada para tamu undangan yang hadir. Turut hadir dalam ceramah umum tersebut Ketua Mahkamah Agung RI, Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Non Yudisial, Ketua Kamar Pembinaan, Ketua Kamar Agama, Ketua Kamar Pidana, Ketua Kamar Perdata, Ketua Kamar Pengawasan, Ketua Kamar Militer, Ketua Pengadilan Tingkat Banding dan Ketua Pengadilan Tingkat Pertama dan Hakim Yustisial pada Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI.

Setelah kegiatan acara ceramah umum oleh President Hoge Raad Der Nederlanden dilanjutkan penanaman pohon memorabilia di salah satu area Badan Litbang Diklat Kumdil MA RI. Penanaman dilakukan oleh President Hoge Raad Der Nederlanden Dineke De Groot dan Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. M. Syarifuddin, S.H., M.H.

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • Hubungi Kami

    Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan
    Mahkamah Agung RI

    Kantor: Jl. Cikopo Selatan Desa Sukamaju, Kec. Megamendung
    Bogor, Jawa Barat 16770

    Telepon: (0251) 8249520, 8249522, 8249531, 8249539
    Faks: (0251) 8249522, 8249539
    HP Whatsapp: 082114824160 (Pusdiklat Menpim)

    Surel: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.